Ada Potensi Presiden Korsel akan Diundang ke Korut

Sonya Michaella    •    Jumat, 09 Feb 2018 08:27 WIB
korea utarakorsel-korut
Ada Potensi Presiden Korsel akan Diundang ke Korut
Presiden Korsel, Moon Jae-in. (foto: AFP)

Seoul: Sejumlah sumber diplomatik meyakini bahwa ada kemungkinan Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae-in diundang ke Korea Utara (Korut) untuk bertemu dengan Kim Jong-un.

Hal ini diutarakan menjelang pertemuan adik Kim dengan Moon di Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang 2018 yang digelar mulai hari ini.

"Belum ada tanggal pasti. Namun, jika memang nanti ada undangan, waktu yang memungkinkan adalah 15 Agustus di mana Korsel dan Korut libur bersama," kata sumber tersebut, dikutip dari CNN, Jumat 9 Februari 2018.

Pada 15 Agustus, Korsel dan Korut bersama-sama akan menandai pembebasan dari kependudukan Jepang pada 1945 silam.

Sementara itu, Moon dijadwalkan akan makan siang dengan delegasi tingkat tinggi Pyongyang, termasuk adik Kim Jong-un yang bernama Kim Yo-jong.

"Mereka yang akan hadir dalam pertemuan termasuk, Kepala Negara Resmi Korut Kim Yong Nam,-pejabat tertinggi dari Korut yang pernah mengunjungi Korsel,- dan adik perempuan Kim Jong-nam yakni Kim Yo-jong," sebut pernyataan Kementerian Unifikasi Korsel.

Seoul juga mengatakan telah diberitahu oleh Pyongyang tentang rencana kunjungan Kim Yo-jong. Selain akan didampingi oleh kepala negara resmi Korut, Kim Yong-nam, Yo-jong juga turut serta Kepala komite bimbingan olahraga nasional Choe Hwi dan Ri Son-gwon, yang memimpin pembicaraan antar-Korea, pekan lalu.

Olimpiade memicu mencairnya hubungan di semenanjung itu setelah ketegangan meningkat tahun lalu ketika Korut melakukan beberapa uji coba senjata. 
 
Korsel menganjurkan peningkatan dialog dengan rezim tersebut, mungkin dengan harapan agar dapat dilanjutkan setelah Olimpiade. Sekaligus membuat peluang tersebut bertentangan dengan Amerika Serikat (AS), yang bertekad mengambil garis keras.


(DMR)