Enam Penduduk Rakhine Ditemukan Tewas

Sonya Michaella    •    Jumat, 04 Aug 2017 14:30 WIB
myanmarrohingya
Enam Penduduk Rakhine Ditemukan Tewas
Kelompok Rohingya yang mengungsi ke perbatasan. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Rakhine: Enam jasad yang diduga umat Buddha ditemukan di barat Rakhine, kemarin sore. Pemerintah Myanmar menyebutkan, kekerasan tersebut dilakukan militan Rohingya.

Pasukan keamanan setempat menemukan tiga jasad pria dan tiga jasad wanita di Pegunungan Mayu, di dekat Maungdaw. Lokasi ditemukannya enam jasad ini dekat dengan kantor pemimpin de facto Myanmar, Aung San Suu Kyi.

Dikutip dari South China Morning Post, Jumat 4 Agustus 2017, Kelompok Rohingya, yang oleh Pemerintah Myanmar dianggap sebagai kelompok ekstremis, disebut bertanggung jawab atas insiden ini.

"Kami semua menderita di sini. Semua penduduk desa panik dan tak ada lagi yang mau tinggal di sana," kata seorang warga Buddha, Aung Kyaw Min.

Sejumlah warga Buddha lainnya juga percaya bahwa enam rekan mereka dibunuh oleh militan Rohingya. 

Rakhine, yang berpenduduk mayoritas Muslim ini, masih tergolong rawan bentrokan. Pertama kali bentrokan pecah pada Oktober tahun lalu yang menyebabkan sembilan pasukan Myanmar tewas.

Dalam operasi berikutnya, pasukan Myanmar diduga menembak warga secara brutal, memperkosa wanita Rohingya dan membakar rumah-rumah mereka.

Hampir 75 ribu warga melarikan diri dari Rakhine ke perbatasan Bangladesh. Di perbatasan, mereka pun tak dapat diterima seluruhnya.

Sementara itu, Suu Kyi menolak untuk bekerja sama dengan penyelidik dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Pemerintah menuduh para ekstremis menjalankan kamp pelatihan militan pegunungan dekat Rakhine.





(WAH)