Kedubes Kosta Rika Segera Dibuka di Jakarta

Sonya Michaella    •    Minggu, 03 Sep 2017 22:01 WIB
indonesia-kosta rika
Kedubes Kosta Rika Segera Dibuka di Jakarta
Menlu Retno Marsudi bersama Menlu Kosta Rika Manuel Gonzalez Sanz di Kemenlu RI, Jakarta, Minggu 3 September 2017. (Foto: Kemenlu RI)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kedutaan Besar Kosta Rika akhirnya akan dibuka di Jakarta. Kesepakatan ini adalah salah satu buah hasil pertemuan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dengan Menteri Luar Negeri Kosta Rika Manuel Gonzalez Sanz hari ini.

Diterima hangat di Kementerian Luar Negeri RI, Minggu 3 September 2017, Menlu Sanz mengungkapkan kegembiraannya dapat berkunjung ke Indonesia untuk kali pertama. 

"Bersyukur sekali bahwa Kedubes Kosta Rika akan dibuka di Jakarta, Indonesia, sebuah negara yang indah dengan masyarakatnya yang ramah dan hangat," ucap Menlu Sanz dalam konferensi persnya.

Tahun ini juga merupakan peringatan 32 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Kosta Rika. Kedubes Kosta Rika menjadi perwakilan negara sahabat ke-104 dan menjadi perwakilan negara Amerika Selatan dan Karibia ke-12 yang ada di Jakarta.

"Pembukaan kedubes ini memfasilitasi peningkatan kerja sama Indonesia dan Kosta Rika, dan menegaskan reputasi Jakarta sebagai ibu kota diplomatik di ASEAN," ujar Menlu Retno.

"Kosta Rika juga memberikan dukungan mereka untuk pencalonan Indonesia di Anggota Tidak Tetap DK PBB 2019-2020," tegas dia lagi.

Selain pembahasan mengenai pembukaan kedubes, kedua menlu juga membahas mengenai kerja sama bilateral kedua negara, misalnya perdagangan dan pendidikan.

"Tahun lalu, 97 persen (nilai kerja sama) perdagangan meningkat. Ini adalah nilai tertinggi selama lima tahun ke belakang. Kita terus meningkatkan hubungan dagang dua negara," tutur dia.

Untuk masalah energi, lanjut dia, merupakan sektor potensial untuk digarap bersama, karena Kosta Rika adalah negara yang terkenal dengan energi terbarukan. Sebanyak 99 persen konsumsi energi di Kosta Rika menggunakan energi terbarukan berbentuk air dan panas bumi.

Selain itu, sebagai sesama negara penghasil sawit, Menlu Retno mengajak Kosta Rika bergabung dalam inisiatif The Council of Palm Oil Producing Countries guna bersama-sama mempromosikan industri kelapa sawit yang lestari.
(WIL)