12 Remaja Thailand Diundang FIFA Nonton Final Piala Dunia

Marcheilla Ariesta    •    Minggu, 08 Jul 2018 11:03 WIB
piala dunia 2018
12 Remaja Thailand Diundang FIFA Nonton Final Piala Dunia
Gua Tham Luang, tempat 12 remaja Thailand terjebak. (Foto: AFP).

Bangkok: Presiden FIFA Gianni Infantino mengundang 12 remaja yang terperangkap di Gua Tham Luang, Thailand, untuk menonton pertandingan final Piala Dunia di Rusia pada 15 Juli mendatang.

Undangannya ini merupakan bentuk dukungan terhadap belasan remaja yang hingga saat ini masih terjebak di dalam gua. Para remaja ini merupakan pemain sepakbola tim lokal Wild Boars.

Dia berharap para remaja tersebut dapat diselamatkan tepat waktu sebelum laga final turnamen sepakbola itu berlangsung.

"Sesuai harapan kita semua, jika mereka dapat bersatu kembali dengan keluarga dan kesehatan mereka memungkinkan melakukan perjalanan jauh, FIFA dengan senang hati mengundang mereka hadir di laga final Piala Dunia," kata Infantino melalui surat kepada Kepala Asosiasi Sepakbola Thailand, dilansir dari AFP, Sabtu 7 Juli 2018.

"Saya harap mereka bisa bergabung bersama kami, sebagai tamu, menyaksikan laga final," imbuhnya.

Hingga kini, operasi penyelamatan 12 remaja dengan pelatih sepak bola mereka masih terus dilakukan. Menurut Gubernur Narongsak Osottanakorn penyelamatan mereka seperti sedang berada dalam perang.

"Untuk memenangkan perang, kita harus melewati tiga pertempuran. Kita telah memenangkan pertempuran pertama, yakni mencari keberadaan anak-anak itu. Pertempuran kedua adalah yang tersulit -- menyelamatkan mereka," ujar Narongsak.

Tim penyelamat terus mencoba menggali gua dan menyelam untuk mendapatkan anak-anak tersebut. Air dipompa keluar dari goa yang banjir sepanjang waktu, demi mengurangi tinggi muka air satu sentimeter per jam.


(WIL)