Jepang akan Selalu Dukung Sentralitas ASEAN

Marcheilla Ariesta    •    Selasa, 26 Jun 2018 11:36 WIB
indonesia-jepangASEAN-Jepang
Jepang akan Selalu Dukung Sentralitas ASEAN
Menlu Taro Kono (kiri) berjabat tangan dengan Sekjen ASEAN Lim Jock Hoi di Jakarta, 26 Juni 2018. (Foto: Marcheilla Ariesta)

Jakarta: Menteri Luar Negeri Jepang Taro Kono menuturkan Tokyo akan terus mendukung ASEAN dalam segala hal. Jepang merasa ASEAN merupakan mitra penting mereka di kawasan Asia Tenggara.

Menlu Kono mengungkapkan dukungannya kepada Sekretaris Jenderal ASEAN Lim Jock Hoi di Sekretariat ASEAN. Kunjungannya ke kantor ASEAN sekaligus dalam rangka lawatan kerja ke Indonesia

Dukungan senada juga disampaikan Dubes Jepang untuk ASEAN, Kazuo Sunaga.

"Kami akan selalu mendukung sentralitas, persatuan dan konektivitas, itu adalah poin paling utama," ucap Dubes Sunaga di Sekretariat ASEAN, Jakarta Selatan, Selasa 26 Juni 2018.

Sunaga menyebut dukungan diberikan karena ASEAN selalu membahas mengenai konektivitas dalam berbagai pertemuan. Detail dukungan Jepang terhadap ASEAN tidak disampaikan dalam kesempatan ini.


Dubes Jepang untuk ASEAN Kazuo Sunaga. (Foto: Marcheilla Ariesta)

Pembahasan lebih rinci mengenai dukungan akan dibahas dalam pertemuan dengan mitra ASEAN di Singapura pada awal Agustus mendatang. Pertemuan tersebut sekaligus merayakan 45 tahun hubungan Jepang dan ASEAN.

Menurut Sunaga, dalam pertemuan tadi Sekjen ASEAN dan Menlu Jepang saling bertukar pikiran. Beberapa isu regional juga dibahas, seperti Laut China Selatan dan Korea Utara. 

"Hanya bertemu 20 menit, itu sebentar sekali, jadi hanya membahas secara umum," tukasnya.

Dalam pertemuan tersebut, hadir pula Dubes Jepang untuk Indonesia Masafumi Ishii serta delegasi yang mendampingi Menlu Kono.


(WIL)