Livestreaming

AS akan Kirim Kapal Bertenaga Nuklir ke Korsel

Willy Haryono    •    Minggu, 11 Sep 2016 17:00 WIB
perang korea
AS akan Kirim Kapal Bertenaga Nuklir ke Korsel
USS Ronald Reagan. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Seoul: Amerika Serikat (AS) berencana mengirim sebuah kapal besar bertenaga nuklir ke Korea Selatan bulan depan untuk menunjukkan kekuatan di tengah provokasi militer dari Korea Utara, yang melakukan uji coba nuklir kelima pada Jumat. 

USS Ronald Reagan (CVN-76), yang merupakan bagian dari grup Carrier Strike Group Five dari Angkatan Laut AS di Jepang, akan berlayar ke Korsel untuk berpartisipasi dalam latihan militer gabungan pada 10-15 Oktober. 

"Kapal Ronald Reagan akan ikut dalam latihan maritim gabungan antara AS dan Korsel di laut barat dan selatan," ucap seorang pejabat militer, seperti dikutip kantor berita Yonhap, Minggu (11/9/2016).

Latihan akan difokuskan pada melatih kemampuan angkatan laut sekutu untuk menyerang fasilitas militer kunci Korut dan kepemimpinan rezim Kim Jong-un, yang akan dieksekusi jika perang benar-benar terjadi. 

Dijuluki sebagai pangkalan udara mengapung, USS Ronald Reagan dapat membawa 80 pesawat jet tempur dan juga sekitar 5.400 kru. USS Ronald Reagan yang memiliki dua reaktor nuklir adalah aset kuat AS dalam menghadapi ancaman Korut. 

Selain USS Ronald Reagan, kapal lainnya dari Carrier Strike Group Five juga akan hadir menemani di perairan Korsel. Kapal itu adalah USS Curtis Wilbur (DDG-54), USS John S. McCain (DDG-56), USS Fitzgerald (DDG-62), USS Stethem (DDG-63) dan USS Barry (DDG-52). 


USS Curtis Wilbur. (Foto: AFP)

Pengiriman kapal-kapal ini merupakan peringatan bagi Korut yang berani menentang larangan PBB dan komunitas internasional dengan melakukan uji coba nuklir. 

AS juga akan mengirim aset militer lainnya Korsel, termasuk pesawat bomber siluman B-2, yang dapat menjatuhkan bom nuklir. 

"Militer kedua negara akan meningkatkan kapabilitas dalam menghancurkan fasilitas militer utama Korut setelah uji coba nuklir kelima Korut benar-benar terjadi," kata seorang pejabat militer yang namanya tidak ingin disebutkan.


(WIL)

Debat Perdana Capres AS Pecahkan Rekor Jumlah Penonton
Debat Capres AS 2016

Debat Perdana Capres AS Pecahkan Rekor Jumlah Penonton

3 hours Ago

Jumlah tersebut mengalahkan rekor debat capres Ronald Reagan dengan Jimmy Carter pada 1980. 

BERITA LAINNYA