Peran RI untuk Rekonsiliasi Filipina Selatan Diakui Kamboja

Marcheilla Ariesta    •    Jumat, 02 Feb 2018 14:56 WIB
Indonesia-Kamboja
Peran RI untuk Rekonsiliasi Filipina Selatan Diakui Kamboja
Menlu Kamboja Prak Sokhon memuji Indonesia berperan dalam membangun perdamaian di kawasan Asia Tenggara (Foto: Marcheilla Ariesta).

Jakarta: Menteri Luar Negeri Kamboja Prak Sokhon memuji Indonesia karena berperan dalam membangun perdamaian di kawasan Asia Tenggara maupun dunia.
 
 
Dia juga memuji Menlu Indonesia Retno Marsudi yang mendampingi Wakil Presiden Indonesia Jusuf Kalla dalam pertemuan dengan kelompok Front Pembebasan Islam Moro (MILF) Filipina Selatan.
 
"Dia (Retno) berbicara dengan pemimpin gerakan di Filipina Selatan untuk membantu menemukan rekonsiliasi," ungkap Menlu Sokhon, dalam pernyataan bersama di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Jumat 2 Februari 2018.
 
Tak hanya itu, Menlu Sokhon juga memuji langkah Indonesia dalam mencari solusi bagi negara bagian Rakhine di Myanmar.
 
"Kami mengapresiasi langkah Indonesia dalam membantu mencari solusi di Rakhine. Indonesia membantu tanpa ikut campur, itu semangat yang benar," imbuh dia.
 
Dia menuturkan, Indonesia selalu menjadi contoh yang baik bagi kawasan, dalam mengedepankan perdamaian.
 
Selain itu, Kamboja juga menyebutkan mereka memiliki pandangan yang sama dengan Indonesia mengenai isu regional, salah satunya Code of Conduct (CoC) di Laut China Selatan. Dia berharap pembahasan mengenai negosiasi draft CoC dapat segera diselesaikan dengan hasil yang lebih baik.

(FJR)