Ribuan Warga Keturunan di Filipina Segera Miliki Paspor Indonesia

Sonya Michaella    •    Selasa, 19 Dec 2017 18:12 WIB
indonesia-filipinafilipina
Ribuan Warga Keturunan di Filipina Segera Miliki Paspor Indonesia
Lalu Muhamad Iqbal (tengah) di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Selasa 19 Desember 2017. (Foto: Sonya Michaella)

Jakarta: Kementerian Luar Negeri RI sudah selesai memproses penerbitan paspor untuk 2.500 orang keturunan Indonesia yang tinggal di Filipina, tepatnya di Pulau Balut dan Pulau Sarangani, Kepulauan Mindanao.

"Sudah selesai proses penerbitan paspornya. Awal Januari 2018 nanti Menlu Retno secara simbolik akan menyerahkan paspor kepada orang-orang keturunan Indonesia itu," kata Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kemenlu RI, Lalu Muhamad Iqbal, ketika ditemui di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Selasa 19 Desember 2017.

Sebelumnya, 2.500 orang keturunan Indonesia ini tidak memiliki data-data valid. Dokumen yang mereka miliki masih belum jelas, apakah itu Indonesia atau Filipina. Namun, mereka sudah lama tinggal di Mindanao.

"Upaya menentukan status kewarganegaraan ini sudah kami selesaikan dengan Kementerian Kehakiman Filipina," ujar dia.

Baca: Pembenahan Sistem Diperlukan untuk Atasi Kasus WNI di Luar Negeri

Setelah ini, lanjut dia, Kemenlu RI akan mengupayakan agar 2.500 orang keturunan Indonesia ini bisa bebas tinggal di tempat mereka yang seharusnya, yakni Mindanao.

"Sudah ada beberapa kota yang mengizinkan untuk bebas tinggal karena mereka memang sudah lama tinggal di situ. Jika mereka sudah pegang paspor Indonesia, maka harus mengurus izin tinggal," tukas dia.

Iqbal menambahkan, dari ribuan orang keturunan Indonesia itu, tidak ada yang meminta untuk tinggal di Indonesia. Pasalnya, di Indonesia pun mereka sudah tidak memiliki sanak saudara dan keluarga.

Orang-orang keturunan Indonesia yang tinggal di Filipina Selatan tersebut telah lama diketahui keberadaannya oleh pemerintah. Warga keturunan Indonesia itu bermigrasi ke Filipina Selatan mengikuti jejak nenek moyang mereka, yang kala itu berprofesi sebagai pelaut dan nelayan yang kerap menjelajahi Laut Sulawesi hingga Laut Sulu.



(WIL)


Obama Sindir Sejumlah Kebijakan Trump

Obama Sindir Sejumlah Kebijakan Trump

8 hours Ago

Sejumlah kebijakan Trump disindir Obama, yaitu kebijakan imigrasi dan mundurnya AS dari Kesepakatan…

BERITA LAINNYA