Kim Jong-un jadi Favorit Penerima Nobel Perdamaian

Sonya Michaella    •    Jumat, 05 Oct 2018 14:33 WIB
korea utara
Kim Jong-un jadi Favorit Penerima Nobel Perdamaian
Pemimpin Korut Kim Jong-un dan Presiden Korsel Moon Jae-in. (Foto: AFP)

Oslo: Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un masuk dalam nominasi penerima penghargaan Nobel Perdamaian. Tak disangka, Kim menjadi salah satu nominasi yang difavoritkan.

Pemenang akan diumumkan pada hari ini, malam hari, di Norwegia. Ada 331 nominator yang terdiri dari 216 individu dan 115 organisasi. Meski panitia tak menyebutkan siapa saja yang masuk nominasi, tetapi sejumlah media mendapatkan bocorannya. 

Dilansir dari Guardian, Jumat 5 Oktober 2018, ada nama Kim di barisan depan sebagai nominator. Tak hanya Kim, Presiden Korea Selatan Moon Jae-in juga mendapatkan kesempatan yang sama.

Mereka berdua difavoritkan karena akhirnya berani untuk mengumumkan deklarasi damai dari Perang Korea. Mereka juga sepakat untuk bekerja sama untuk denuklirisasi Semenanjung Korea, tentunya bekerja sama dengan Amerika Serikat. 

Yang mengejutkan, nama Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump juga dikabarkan ada di deretan para nominator. Namanya dimasukkan karena disebut berani berdamai dengan Korut.

Selain itu, ada nama Kanselir Jerman Angela Merkel yang membuka perbatasan negaranya untuk jutaan pengungsi Suriah di tengah kecaman berbagai elit politik soal imigran. 

Kabarnya, nama mantan pemimpin Catalonia, Carles Puigdemont juga ada di deretan nama nominator karena berani memperjuangkan kemerdekaan Catalonia, meski saat ini ia berada di pengasingan di Belgia.


(WIL)