Kemenlu RI Konfirmasi Kunjungan Putra Mahkota Arab Saudi

Sonya Michaella    •    Kamis, 14 Feb 2019 11:46 WIB
indonesia-arab saudi
Kemenlu RI Konfirmasi Kunjungan Putra Mahkota Arab Saudi
Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi Mohammed bin Salman. (Foto: AFP).

Jakarta: Kementerian Luar Negeri RI memberikan konfirmasi bahwa memang akan ada rencana kunjungan dari Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi Mohammed bin Salman. Namun, tak dibeberkan tanggal pasti kunjungan tersebut.

Baca juga: Putra Mahkota Arab Saudi Dikabarkan akan Kunjungi Indonesia.

“Memang ada rencana kunjungan Putra Mahkota Arab Saudi ke beberapa negara Asia, termasuk Indonesia. Konfirmasi waktu akan diberikan dari Riyadh,” kata juru bicara Kemenlu RI Arrmanatha Nasir kepada Medcom.id, Kamis 14 Februari 2019.

Awalnya beredar kabar bahwa kunjungan akan dilakukan pada hari ini. Namun kabar ini dibantah oleh Duta Besar RI untuk Arab Saudi, Agus Maftuh Abegabriel.

Dubes Agus mengatakan bahwa kunjungan Putra Mahkota Arab Saudi dijadwalkan akan dilakukan pekan depan, yaitu 18-19 Februari 2019. 

Sumber-sumber komunitas Muslim RI mengatakan Riyadh telah memiliki perubahan sikap terhadap Indonesia sejak konferensi Dana Moneter Internasional-Bank Dunia (IMF-WB) di Bali Oktober lalu. Kegiatan itu dinilai memperlihatkan potensi RI dalam bidang ekonomi.

Baca juga: Dubes RI: Pangeran Mohammad ke Indonesia Minggu Depan.

"Pertemuan IMF benar-benar membuka mata bagi banyak pengusaha Arab Saudi," klaim seorang tokoh Muslim Indonesia.

"Mereka mengira kami (Indonesia) negara miskin yang hanya menghasilkan pekerja rumah tangga. Mereka terkejut kami membuat kereta, kapal dan pesawat," imbuhnya.

Bahkan awal tahun ini, Indonesia merupakan negara tamu dalam Festival Janadriyah tahunan di Arab Saudi. Festival ini merupakan pertunjukkan seni dan budaya bergengsi di Riyadh.


(FJR)