Masuki Usia ke-70, Hubungan Indonesia-AS Terus Menguat

Marcheilla Ariesta    •    Kamis, 21 Feb 2019 21:14 WIB
indonesia-as
Masuki Usia ke-70, Hubungan Indonesia-AS Terus Menguat
Sejarawan AS, Robert McMahon, mengatakan hubungan Indonesia dan AS dalam kondisi sangat baik. (Foto: Marcheilla Ariesta/Medcom.id).

Jakarta: Hubungan bilateral Indonesia dan Amerika Serikat (AS) telah memasuki usia ke-70. Sejarawan AS, Robert McMahon, mengatakan hubungan Indonesia dan Negeri Paman Sam dalam kondisi sangat baik di bawah kepemimpinan Donald Trump. Dia mengatakan hubungan ini merupakan fondasi kuat untuk ke depannya.

“Hubungan kedua negara sangat kuat, bahkan di berbagai bidang, termasuk investasi dan perdagangan,” kata McMahon di @america, Jakarta, Kamis 21 Februari 2019.

Menurut dia, hubungan yang kuat dapat terjadi karena Indonesia dan AS saling berbagi banyak hal yang menyangkut kepentingan masing-masing negara. Meski demikian, kata McMahon, hubungan kedua negara tak lepas dari pasang surut.

“Saat AS memindahkan kedutaan dari Tel Aviv ke Yerusalem, berbagai protes dan komentar negatif datang dari Indonesia. Namun kami mengerti,” imbuhnya.

Dia menambahkan, meski hubungan pasang surut, namun kedua negara tetap melanjutkan kerja sama. Bahkan, kini hubungan kerja sama Indonesia dengan AS naik tingkat menjadi kemitraan strategis.

McMahon menuturkan Indonesia dan Amerika Serikat juga sama-sama bekerja keras dalam memerangi terorisme. Kedua negara juga memberikan perhatian mendalam pada kegiatan terorisme baik di dalam maupun secara global.

Profesor Emeritus dari Ohio University ini mengatakan, meski kepemimpinan Trump terkadang tidak sesuai dengan hokum internasional, namun dia melihat Presiden AS itu tak ingin hubungan dengan Indonesia terganggu.

“Dia tak ingin merusak hubungan yang sudah ada dengan negara lain, termasuk Indonesia,” tutur McMahon.


(FJR)


Pilpres AS, Sanders Mulai Kampanye di Brooklyn

Pilpres AS, Sanders Mulai Kampanye di Brooklyn

2 weeks Ago

Bakal calon presiden Amerika Serikat dari Partai Demokrat, Bernie Sanders memulai kampanye di tempat…

BERITA LAINNYA