Konsep Indo Pasifik Milik Indonesia Patut Diperhitungkan

Sonya Michaella    •    Kamis, 08 Nov 2018 18:00 WIB
indonesia-australia
Konsep Indo Pasifik Milik Indonesia Patut Diperhitungkan
Mantan Perdana Menteri Australia Kevin Rudd (Photo:Medcom.id/Sonya)

Jakarta: Indonesia bakal memaparkan konsep Indo Pasifik-nya di KTT ASEAN, tepatnya di East Asia Summit, pekan depan. Mantan Perdana Menteri Australia Kevin Rudd menilai langkah Indonesia ini sangat diperhitungkan dunia internasional.

“Konsep Indo Pasifik milik Indonesia patut diperhitungkan. Indonesia adalah negara yang paling signifikan di ASEAN,” kata Rudd, saat ditemui di Hotel Le Meridien, Jakarta, Kamis 8 November 2018.

“Negara-negara di ASEAN harus mendukung konsep Indo Pasifik milik Indonesia ini. Dan tentunya ikut menambahkan hal-hal signifikan yang dibutuhkan,” lanjut dia.

Konsep ini telah lama dibentuk dan digodok oleh Indonesia. Bahkan, Indonesia menerjunkan tim khusus untuk melakukan lobi dan juga melakukan diskusi lebih lanjut mengenai Indo Pasifik dengan negara-negara terkait.

Konsep Indo Pasifik yang dipaparkan Indonesia juga mencakup keseluruhan bidang, seperti ekonomi dan keamanan serta kesejahteraan kawasan. Konsep ini pun diterima oleh banyak pihak dan negara. 

Indo-Pasifik menjadi salah satu agenda penguatan politik luar negeri Indonesia di tahun 2018. Konsep Indo-Pasifik sudah digaungkan sejak 2013, dan Indonesia berfokus pada potensi di Samudera Hindia.

Ada tiga prinsip kerja sama dalam konsep Indo-Pasifik Indonesia, yaitu transparan, terbuka dan inklusif sesuai hukum internasional. Indonesia tetap ingin menggunakan ASEAN sebagai sentralitas yang membangun arsitektur Indo-Pasifik ini.

Karenanya, Indonesia ingin menggunakan building block approach dengan memperkuat kerja sama negara pesisir Samudera Hindia.


(WAH)