Ban Ki-moon Tidak Calonkan Diri di Pilpres Korsel

Willy Haryono    •    Rabu, 01 Feb 2017 15:08 WIB
korea selatanpolitik korsel
Ban Ki-moon Tidak Calonkan Diri di Pilpres Korsel
Ban Ki-moon berbicara di hadapan awak media di Seoul, Korsel, 31 Januari 2017. (Foto: AFP/ED JONES)

Metrotvnews.com, Seoul: Mantan Sekretaris Jenderal Persatuan Bangsa-Bangsa Ban Ki-moon, salah satu tokoh Korea Selatan paling terkenal di dunia, mengaku tidak akan mencalonkan diri dalam pemilihan umum presiden. 

Ban pulang ke Korsel bulan lalu setelah menghabiskan satu dekade di New York. Setelah menyelesaikan jabatannya di PBB, ia difavoritkan menjadi capres Korsel.

"Saya akan mundur dari dunia politik," ungkap Ban kepada awak media dalam sebuah konferensi pers di Seoul, seperti dilansir AFP, Rabu (1/2/2017).

"Maafkan jika saya membuat banyak orang kecewa," lanjut dia.

Meski tidak pernah mendeklarasikan diri akan mengikuti pilpres, Ban diyakini akan segera bergabung dengan Saenuri, partai berkuasa di Korsel, setelah lengsernya Park Geun-hye. 

Di hadapan para jurnalis, Ban mengaku tidak menyukai hal-hal buruk yang rentan terjadi dalam politik Korsel. Ia juga kesal karena adanya tuduhan korupsi terhadap beberapa kerabatnya. 

"Patriotisme dan aspirasi saya telah menjadi korban dari fitnah yang mirip dengan pembunuhan karakter," ungkap Ban, sebelum dirinya membungkuk dan meninggalkan area konferensi pers.

Dukungan publik terhadap Ban menurun dari 20,3 persen menjadi 13,1 persen sebelum pengumuman terbaru.

Seorang diplomat karier, Ban tidak pernah bergabung dengan partai politik manapun. Namun ia pernah menjadi mengeri luar negeri di bawah presiden liberal Roh Moo-hyun dari 2004 hingga 2006.


(WIL)


Solusi Damai AS Akan Buat Kesal Palestina dan Israel

Solusi Damai AS Akan Buat Kesal Palestina dan Israel

3 hours Ago

Duta Besar AS untuk PBB Nikki Haley, mendesak Dewan Keamanan PBB untuk mendukung proposal Gedung…

BERITA LAINNYA