UNHCR Dorong Malaysia Terima Pengungsi Rohingya

Sonya Michaella    •    Senin, 28 Nov 2016 10:46 WIB
malaysiarohingya
UNHCR Dorong Malaysia Terima Pengungsi Rohingya
Etnik Rohingya yang ditolak di Myanmar dan Bangladesh (Foto: Asian Correspondent)

Metrotvnews.com, Kuala Lumpur: Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk pengungsi, UNHCR, mengatakan bahwa ada kemungkinan besar jika Malaysia bisa dan mau menerima pengungsi Rohingya.

UNHCR pun telah bekerja sama dengan Malaysia dalam skema percontohan untuk memungkinkan Rohingya bisa bekerja di Malaysia.

Dilansir Asian Correspondent, Senin (28/11/2016), sejumlah pendukung hak asasi manusia juga mendesak Malaysia menerima sekitar 150.000 Rohingya dan juga pencari suaka.

"Ini dilakukan untuk memperpanjang hak kerja mereka dan sebagai cara untuk memastikan mereka mendapat perlindungan," kata seorang aktivis HAM asal Malaysia.

Banyak pengungsi yang terjebak di Malaysia karena mereka tak diizinkan untuk bekerja secara legal, sementara pembukaan negara ketiga sangat lambat prosesnya. Ditambah, Malaysia bukan negara yang menandatangani Konvensi PBB tentang pengungsi.

Akhirnya, mereka menjadi pekerja serabutan, seperti bekerja di restoran atau lokasi konstruksi. Di bawah skema percontohan, 300 Rohingya akan diizinkan untuk bekerja secara legal di sektor perkebunan dan manufaktur.

Perwakilan UNHCR di Kuala Lumpur mengatakan ini bisa menjadi awal mula yang bagus bagi para pengungsi di Malaysia.

"Pengungsi bisa menjadi sumber tenaga kerja yang berharga bagi perekonomian Malaysia, dan jika mereka bekerja secara legal, itu akan membantu pemerintah untuk mengelola mereka juga," ucap juru bicara UNHCR Malaysia, Yante Ismail.

Selama ini sejumlah pejabat pemerintahan takut kebijakan penerimaan pengungsi akan menyebabkan masuknya teroris. Namun, sebagian pejabat mengatakan akan mempertimbangkan dorongan UNHCR tersebut.

 


(WIL)

BDF IX Berakhir, Demokrasi Masih Hadapi Banyak Tantangan

BDF IX Berakhir, Demokrasi Masih Hadapi Banyak Tantangan

1 day Ago

Bali Democracy Forum (BDF) IX resmi ditutup. Sejak pertama kali diadakan pada 2008, tingkat keikutsertaan…

BERITA LAINNYA