Satu Dekade, Pertama Kali BDF Adakan Konferensi Pelajar

Sonya Michaella    •    Kamis, 30 Nov 2017 18:44 WIB
bali democracy forum
Satu Dekade, Pertama Kali BDF Adakan Konferensi Pelajar
Pemimpin dunia bersama Presiden Joko Widodo hadir dalam pelaksaan BDF IX tahun lalu (Foto: AFP).

Jakarta: Ada yang berbeda dari perhelatan Bali Democracy Forum (BDF) X tahun ini. Dalam peringatan satu dekade ini, BDF pertama kali akan mengadakan student conference atau konferensi pelajar.
 
"Student conference ini akan diikuti pelajar dan mahasiswa berbagai negara guna menyampaikan presentasi kepada para pemimpin yang hadir di BDF," kata Direktur Jenderal Informasi Publik Kementerian Luar Negeri RI Cecep Herawan di Jakarta, Kamis 30 November 2017.
 
Sayangnya, perhelatan BDF kali ini tidak dapat diselenggarakan di Bali. “Seharusnya kami akan menyelenggarakan di Nusa Dua, tetapi keadaan wilayah udara di Bali karena erupsi Gunung Agung tidak memungkinkan,” lanjut Cecep.

(Baca: Gunung Agung Erupsi, Bali Democracy Forum Dipindah ke Banten).

Sementara itu, Cecep memastikan sudah ada satu kepala negara yang hadir yakni Presiden Nauru, sebuah negara di wilayah Pasifik.
 
“Ya. Presiden Nauru sudah konfirmasi hadir. Untuk saat ini ada 16 menteri luar negeri yang konfirmasi akan hadir,” ungkap mantan Wakil Duta Besar RI di Korea Selatan tersebut.
 
Tak hanya itu, 29 delegasi yang memastikan hadir ditambah dengan enam organisasi internasional di BDF X yang digelar pekan depan, 6-7 Desember ini.
 
Jumlah tersebut diperkirakan akan bertambah jelang penyelenggaraan BDF karena hingga saat ini masih banyak pertanyaan dan permintaan informasi tambahan dari negara-negara peserta.
 
Sejauh ini, perubahan yang diumumkan Kementerian Luar Negeri RI terkait pemindahan lokasi BDF X dari Bali ke Banten tidak mengganggu rencana para delegasi untuk hadir. 

(FJR)