Tiga Bom Meledak di Rakhine Myanmar

Willy Haryono    •    Sabtu, 24 Feb 2018 11:00 WIB
konflik myanmar
Tiga Bom Meledak di Rakhine Myanmar
Polisi bersiaga di Sittwe, Rakhine, Myanmar, 1 September 2017. (Foto: AFP/STR)

Sittwe: Tiga bom meledak di lokasi berbeda di sekitar Sittwe, ibu kota dari negara bagian Rakhine, Myanmar, Sabtu 24 Februari 2018. Salah satu ledakan terjadi di dekat rumah seorang pejabat setempat. 

Ledakan terjadi sekitar pukul 04.00 pagi waktu setempat. "Tiga bom meledak dan ada tiga lainnya yang belum meledak, tapi kami masih mencarinya. Seorang polisi terluka, tapi tidak serius," ujar aparat senior.

Satu bom meledak di kompleks rumah sekretaris negara bagian, sedangkan dua lainnya di depan sebuah kantor dan jalan menuju pantai. 

Seorang pejabat dari kantor pemerintahan daerah mengonfirmasi adanya ledakan. "Sejumlah ruas jalan diblokade polisi karena ledakan," tutur Zaw Zaw, seorang warga lokal Sittwe, kepada AFP.

Meski ledakan bom jarang terjadi di ibu kota, namun negara bagian Rakhine tengah dilanda gelombang kekerasan komunal dan pemberontakan di beberapa wilayah lainnya.

Agustus lalu, wilayah Rakhine utara jatuh dalam krisis usai operasi militer terhadap ekstremis memicu eksodus massal Rohingya ke Bangladesh. 

Awal tahun ini, tujuh orang tewas dan puluhan lainnya terluka saat polisi menembaki kerumunan orang yang berusaha menguasai kantor pemerintah di Kota Mrauk U. 

Kekerasan tersebut membuat sebuah grup etnis di Rakhine berjanji akan membalas "dengan serius" atas kematian tujuh rekan mereka.


(WIL)