Tokoh Anti-Korupsi Dipilih Parlemen Jadi Wapres Tiongkok

Willy Haryono    •    Sabtu, 17 Mar 2018 12:41 WIB
politik tiongkok
Tokoh Anti-Korupsi Dipilih Parlemen Jadi Wapres Tiongkok
Presiden Tiongkok Xi Jinping (kanan) berjabat tangan dengan Wang Qishan di parlemen, Beijing, 17 Maret 2018. (Foto: AFP/Greg Baker)

Beijing: Tokoh ternama dalam pemberantasan korupsi di Tiongkok, Wang Qishan, mendapat dukungan mayoritas parlemen untuk menjadi wakil presiden mendampingi Xi Jinping, Sabtu 17 Maret 2018. 

Xi juga mendapat dukungan penuh hingga 100 persen dari parlemen untuk kembali menjadi presiden untuk periode kedua. 

Wang -- pernah mundur dari jabatan tinggi di Partai Komunis Tiongkok dan kepala komisi pemberantasan korupsi -- menjadi wapres dengan dukungan 99,9 persen dari parlemen. 

Seperti dikutip SCMP, total 2.969 anggota parlemen memilih Wang, dengan hanya ada satu suara yang menentang. Sementara dukungan untuk Xi berjumlah total 2.970. 

Baca: Parlemen Tiongkok Secara Bulat Pilih Kembali Xi sebagai Presiden

Li Zhanshu, yang menjabat kepala staf kepresidenan di periode pertama kepemimpinan Xi, juga mendapat dukungan penuh dari parlemen. Ia dipilih menjadi kepala Kongres Rakyat Nasional. 

Sejumlah sumber di pemerintahan mengatakan Wang akan menyampaikan agenda-agenda ambisius pemerintah, termasuk masalah hubungan Tiongkok dengan Amerika Serikat. 

Dengan adanya potensi perang dagang antara Tiongkok dengan AS, Wang diyakini akan menggunakan pengalamannya untuk menangani masalah ini.

Saat ini, Xi memegang kekuasaan sebagai presiden negara, kepala dan sekretaris jenderal Partai Komunis Tiongkok, serta pemimpin militer.

Minggu 11 Maret, parlemen Tiongkok meloloskan serangkaian amandemen konstitusi negara, termasuk yang menghapus batas waktu kepemimpinan seorang presiden. Hal ini memungkinkan Xi menjadi presiden untuk jangka waktu yang tidak ditentukan. 

Sejak menjadi presiden hingga saat ini, Xi terus menggenjot upayanya memberantas politikus korup yang menggerogoti pemerintahan Tiongkok. 


(WIL)


62 Militan Al-Shabab Tewas Dihantam Serangan AS

62 Militan Al-Shabab Tewas Dihantam Serangan AS

10 hours Ago

Militer Amerika Serikat (AS) mengatakan telah menewaskan 62 anggota kelompok militan Al-Shabab…

BERITA LAINNYA