Sebelum Kunjungi Asia, Trump-Abe Sepakat Atasi Korut

Fajar Nugraha    •    Selasa, 31 Oct 2017 09:54 WIB
as-jepangrudal korut
Sebelum Kunjungi Asia, Trump-Abe Sepakat Atasi Korut
Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dan Presiden Donald Trump saat bertemu di Gedung Putih 10 Februari 2017 (Foto: AFP).

Metrotvnews.com, Tokyo: Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe sepakat bekerja sama mengambil langkah menghalau pengembangan program nuklir dan rudal Korea Utara (Korut).
 
Kesepakatan ini diraih menjelang kunjungan Trump pertama kali ke Asia sebagai Presiden AS. Trump dan Abe melakukan perbincangan selama 20 menit untuk membahas Korut dan jadwal kunjungannya.
 
Wakil Kepala Sekretaris Kabinet Jepang Yasutoshi Nishimura mengatakan bahwa kedua kepala negara saling setuju untuk tetap melakukan kontak erat membahas isu Korut.
 
"(Presiden) Trump mengatakan kepada Abe bahwa dirinya sangat menantikan kunjungan ke Jepang. Jepang dan Amerika 100 persen selalu bersama serta tidak ada ruang keraguan antara hubugan Jepang dan AS," ujar Nishimura, seperti dikutip AFP, Selasa 31 Oktober 2017.
 
"Kedua pemimpin juga sepakat untuk memperdalam diskusi mengenai situasi Korea Utara dan masalah-masalah penting lainnya," imbuh Nishimura.

(Baca: Wapres AS Pastikan Trump Hadiri Rangkaian KTT ASEAN pada November).
 
Kunjungan Trump ke Asia pertama kali, berkaitan dengan pelaksanaan KTT APEC di Vietnam pada 11-12 November. Selain itu, sebelumnya Trump juga dijadwalkan menghadiri rangkaian KTT ASEAN di Filipina 10-11 November.

Ini adalah pertama kalinya Trump mengunjungi Asia sebagai Presiden Amerika Serikat. Sebelumnya Wapres Mike Pence lebih dulu melakukan kunjungan ke negara-negara Asia, termasuk Indonesia usai pemilu.




(FJR)