Kunjungi Indonesia, Presiden Korsel Akan Bahas Kondisi Keamanan Semenanjung Korea

Sonya Michaella    •    Kamis, 02 Nov 2017 12:29 WIB
indonesia-korsel
Kunjungi Indonesia, Presiden Korsel Akan Bahas Kondisi Keamanan Semenanjung Korea
Direktur Asia Timur dan Pasifik Kementerian Luar Negeri RI Edi Yusup (Foto: Sonya Michaella/Metrotvnews.com).

Metrotvnews.com, Jakarta: Situasi Semenanjung Korea akan menjadi salah satu bahasan utama kunjungan Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae-in ke Indonesia yang akan diterima Presiden RI Joko Widodo di Istana Bogor pada 9 November 2017.
 
Kunjungan kerja Moon ini merupakan kunjungan perdana ke negara ASEAN sejak dirinya dilantik. Komitmen pemerintahan Korsel yang baru untuk meningkatkan kerja sama dengan Indonesia menjadi tujuan utamanya.
 
"Isu Semenanjung Korea menjadi bahasan kedua presiden. Isu ini penting untuk Korsel," ucap Direktur Asia Timur dan Pasifik Kementerian Luar Negeri RI Edi Yusup dalam press briefing di Kemenlu RI, Jakarta, Kamis 2 November 2017.
 
"Krisis Semenanjung Korea itu kan banyak yang terlibat, ada Tiongkok dan Amerika Serikat. Memang kunjungan Moon ini untuk meminta dukungan Indonesia dalam kebijakan dia," lanjut Edi.
 
Edi menambahkan, kebijakan Moon terhadap Korut memang cukup berbeda dari pendahulunya yakni Park Geun-hye yang hanya memberikan sanksi untuk Korut.
 
"Menurut saya cukup berbeda karena presiden yang sekarang ini menerapkan sanksi tetapi juga menerapkan dialog dan bantuan kemanusiaan," ujar Edi.
 
Hal senada juga diutarakan oleh Juru Bicara Kemenlu RI Arrmanatha Nasir yang menyebutkan bahwa isu Semenanjung Korea juga merupakan isu yang penting untuk kawasan Indonesia juga.
 
"Masalah Semenanjung Korea ini juga penting untuk kawasan kita. Namun kita tetap mengutamakan stabilitas di kawasan," tutur Arrmanatha.
 
Mengenai ancaman Korut, Moon telah menegaskan bahwa Korsel tidak akan mengembangkan program nuklirnya kendati Menteri Pertahanan AS Jim Mattis mengusulkan agar Korsel mengembangkan nuklir untuk mengimbangi kekuatan Korut.



(FJR)