Sambutan Luar Biasa Xi Jinping untuk Trump

Sonya Michaella    •    Kamis, 09 Nov 2017 09:24 WIB
as-tiongkok
Sambutan Luar Biasa Xi Jinping untuk Trump
Presiden AS Donald Trump dan Presiden Tiongkok Xi JInping di Kota Terlarang. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Beijing: Melakukan kunjungan kenegaraan ke Tiongkok, Trump yang didampingi Ibu Negara Melania Trump, juga sempat menyambangi Forbidden City atau Kota Terlarang ditemani dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping dan istrinya, Peng Liyuan. 

Xi telah menyiapkan penyambutan luar biasa untuk Trump, yang disambut oleh anak-anak yang melambai-lambaikan bendera AS dan Tiongkok di bandara. Trump juga disuguhi pertunjukan Peking Opera di Kota Terlarang.

Di Kota Terlarang, Trump dan Xi juga sempat minum teh bersama. Lokasi yang termasuk dalam Situs Warisan Dunia ini juga ditutup sementara untuk wisatawan dan diberlakukan pengamanan yang amat ketat.



Hari ini, Trump akan menghadiri serangkaian acara di Aula Agung Rakyat di sebelah Lapangan Tiananmen. Keesokan harinya, Melania akan akan pergi ke Kebun Binatang Beijing dan mengunjungi salah satu bagian dari Tembok China sebelum ia dan Trump bertolak ke Vietnam untuk menghadiri KTT APEC.

Dikutip dari AFP, Kamis 9 November 2017, Xi mengatakan dalam tur Kota Terlarang bahwa ia mengharapkan kunjungan Trump untuk menghasilkan hasil yang "positif dan penting".

Harapan Xi ini kemudian dibalas Trump di akun Twitternya yang menyebutkan bahwa Tiongkok sangat indah dan dirinya tidak akan melupakan Tiongkok.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Hua Chunying mengatakan, sambutan Xi untuk Trump adalah wajar sebagaimana Xi juga pernah disambut Trump saat di Florida, April lalu.



(FJR)