Banjir Akibat Badai Tewaskan 12 Orang di India

Fajar Nugraha    •    Sabtu, 04 Nov 2017 15:36 WIB
indiabadai
Banjir Akibat Badai Tewaskan 12 Orang di India
ilustrasi: Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, New Delhi: Badai muson melanda wilayah selatan India. Badai ini memicu terjadinya banjir besar di wilayah Tamil Nadu yang menewaskan 12 warga.
 
Sekolah-sekolah di Chennai, ibu kota Tamil Nadu, dan beberapa wilayah pesisir lainnya diperintahkan untuk ditutup. Pihak Departemen Meteorologi India memperingatkan bahwa hujan deras akan melanda pada akhir pekan ini.
 
"Banjir telah menyebabkan 12 orang tewas. Selain itu, sekitar 10 ribu orang tinggal di 105 tempat penampungan yang dibangun pemerintah," pernyataan pihak pemerintah setempat, seperti dikutip The Washington Post, Sabtu 4 November 2017.
 
Departemen Meteorologi India mengatakan, musim angin muson di wilayah timur laut India dimulai pada 27 Oktober dan diperkirakan akan berlangsung hingga awal Desember. Hampir 74 persen hujan yang datang, tercatat pada pekan pertama.
 
Selama tiga hari terakhir, curah hujan di Chennai tercatat mencapai 30 centimeter. Hal itu memicu kekhawatiran terulangnya bencana pada 2015 yang menewaskan 150 warga tewas.
 
Sementara akibat peringatan badai muson ini, lebih dari 10 ribu nelayan tidak berlayar dan bertahan di pelabuhan sepanjang Sabtu. Mereka menyadari bahwa gelombang laut saat ini sangat tinggi dan menakutkan.



(FJR)