Trump Kebingungan Lakukan 'ASEAN Way'

Sonya Michaella    •    Selasa, 14 Nov 2017 15:30 WIB
ktt asean
Trump Kebingungan Lakukan 'ASEAN Way'
Presiden AS Donald Trump saat akan melakukan ASEAN WAY. (Foto: AFP)

Manila: Presiden Amerika Serikat (AS) tampak kebingungan saat akan melakukan 'ASEAN WAY' atau jabat tangan ala ASEAN, sebuah cara bersalaman khas ASEAN yang biasanya dilakukan di setiap pertemuan-pertemuan ASEAN.

Berada di tengah Presiden Filipina Rodrigo Duterte dan Perdana Menteri Vietnam Nguyen Xuan Phuc, Trump tertangkap kamera kesusahan menyilangkan tangannya membentuk ASEAN Way.

Dilansir dari Asia One, Selasa 14 November 2017, sementara yang lain telah berhasil melakukan ASEAN Way dan bersiap untuk sesi foto, Trump menggunakan dua tangannya untuk memegang jari-jari tangan PM Vietnam.

Sementara itu, Duterte tampak menunggu uluran tangan Trump untuk melakukan ASEAN Way. Beruntung, akhirnya Trump dapat melakukannya setelah melihat cara bergandengan dari pemimpin negara lainnya.

Trump berada di Pasay City, Filipina untuk menghadiri KTT ASEAN ke-31 serta menghadiri pertemuan ASEAN-AS. Sebelumnya, ia telah menghadiri KTT APEC di Da Nang, Vietnam dan mengunjungi Jepang, Korea Selatan dan Tiongkok sebagai bagian dari tur Asia pertamanya.

Melakukan pertemuan bilateral dengan Duterte, Trump menyatakan hubungannya dengan Duterte sangat baik.

Di makan malam sebelum KTT ASEAN dimulai, bahkan Trump meminta Duterte untuk bernyanyi di hadapan kepala negara yang lain.

Duterte akhirnya menyanyikan lagu Filipina berjudul 'Ikaw', berduet dengan diva pop lokal Pilita Corrales. Lagu tersebut bermakna kekaguman seseorang pada yang lainnya.


(FJR)