British Council Gelar UK/ID Festival untuk Kali Kedua

Sonya Michaella    •    Rabu, 04 Oct 2017 15:47 WIB
indonesia-inggris
British Council Gelar UK/ID Festival untuk Kali Kedua
Festival UK/ID merupakan bagian dari program UK/Indonesia 2016-2018 yang diluncurkan saat Presiden RI Joko Widodo bertandang ke Inggris pada April 2016. (Foto: Metrotvnews.com/Sonya Michaella)

Metrotvnews.com, Jakarta: Mempererat hubungan Inggris dan Indonesia di kalangan warga kreatif, British Council kembali menggelar UK/ID Festival 2017. Festival ini merupakan kali kedua diselenggarakan di Jakarta.

Festival UK/ID merupakan bagian dari program UK/Indonesia 2016-2018 yang diluncurkan saat Presiden RI Joko Widodo bertandang ke Inggris pada April 2016.

Program UK/ID 2016-2018 dibentuk dengan tujuan membangun hubungan kreatif lewat residensi kegiatan berjejaring, kunjungan budaya, serta proyek kolaborasi yang dilaksanakan sepanjang tahun.

“Festival ini diisi semangat kegembiraan dari Inggris dan Indonesia. Sebuah perayaan tentang berbagai hal menakjubkan, ketika seniman berbakat yang memiliki berbagai latar belakang berkumpul untuk berbagi wawasan dan kreativitas,” kata Direktur Utama British Council di Indonesia, Paul Smith, di Jakarta, Rabu 4 Oktober 2017.

Nantinya, festival ini akan menampilkan 32 seniman asal Indonesia dan 22 asal Inggris. Tema yang diambil adalah "Come Together" dengan esensi saling memahami perbedaan.

Selain pertunjukan musik, UK/ID Festival juga menyuguhkan pemutaran film, pementasan karya seni dan kegiatan lokakarya lainnya.

Setidaknya ada sejumlah musisi indie Inggris, antara lain Dan Croll, Afrikan Boy, Chloe Martini, Paranoid London, dan Chris Massey. Para musisi akan berkolaborasi dengan seniman Indonesia, salah satunya Neonomora.

UK/ID Festival 2017 dibuka pada 17 Oktober 2017 dan ditutup pada 22 Oktober 2017 dan dilaksanakan di The Establishment, SCBD, Jakarta. 

Festival ini rencananya akan dibuka dengan pemutaran perdana film "English is Mine" di Indonesia. Film ini menceritakan masa awal karier Morrissey sebelum dia membentuk grup musik The Smiths. 

Festival juga akan diramaikan pemutaran film tentang Alfred Hitchcock berjudul "The Lodger" dan karya asal Inggris lainnya.


(WIL)