Menlu Korut Ikuti Pertemuan ASEAN, Kemlu: Ini Kesempatan Bagus

Sonya Michaella    •    Jumat, 28 Jul 2017 14:24 WIB
korea utara
Menlu Korut Ikuti Pertemuan ASEAN, Kemlu: Ini Kesempatan Bagus
Direktur Politik dan Keamanan ASEAN Kementerian Luar Negeri RI, Chandra Widya Yuda (Foto:MTVN/Sonya Michaella)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Luar Negeri RI mengonfirmasi kabar hadirnya Menteri Luar Negeri Korea Utara (Korut) Ri Su Yong dalam Pertemuan Regional ASEAN, pekan depan.

Pertemuan Regional ASEAN atau ARF ini adalah salah satu pertemuan yang ada di dalam rangkaian acara ASEAN Ministerial Meeting (AMM) yang akan dihelat di Manila, Filipina.

"Menlu Korut akan hadir dan berpartisipasi di ARF. Ini kesempatan bagus untuk menyampaikan pandangan-pandangan kita dan juga mendengarkan pandangan mereka," kata Direktur Politik dan Keamanan ASEAN Kementerian Luar Negeri RI, Chandra Widya Yuda kepada awak media di Kemenlu RI, Jakarta, Jumat 28 Juli 2017.

"ARF sebagai forum keamanan Asia Pasifik dan adanya kehadiran Menlu Korut akan bermanfaat untuk semua pihak dalam mendorong sikap untuk mereka," lanjut dia.

Chandra melanjutkan, forum ini akan menjadi forum yang penting untuk membahas isu-isu yang menjadi kepentingan bersama di kawasan dan global.

Sebelumnya, diberitakan bahwa Korut terkesan 'melobi' negara-negara ASEAN, khususnya Filipina agar nanti saat gelaran pertemuan ini, ASEAN tak memberikan tekanan yang cukup kuat untuk Pyongyang.

"Semua negara akan membuka komunikasi. Harapannya pertemuan itu berjalan lancar dan sukses sesuai dengan fokusnya. Untuk hubungan bilateral Indonesia dan Korut sendiri berjalan dengan baik," ujar Chandra.

Secara jelas, Indonesia mendukung adanya denuklirisasi di kawasan Semenanjung Korea. Mekanisme yang ada di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) juga menyebutkan dengan gamblang. 

"Harus adanya penyelesaian damai di kawasan dan imbauan kita berada di posisi yang diapresiasi dunia," pungkas dia. 


(WAH)