Vietnam Protes Latihan Militer Tiongkok di Laut China Selatan

Sonya Michaella    •    Rabu, 06 Sep 2017 12:19 WIB
laut china selatan
Vietnam Protes Latihan Militer Tiongkok di Laut China Selatan
Kawasan Laut China Selatan (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Hanoi: Vietnam melayangkan teguran terhadap Tiongkok mengenai latihan militer yang digelar Tiongkok di Laut China Selatan. 

Ketegangan meningkat dalam beberapa bulan terakhir, di mana Vietnam berencana untuk membangun proyek eksplorasi minyak yang dioperasikan Repsol Spanyol di kawasan Laut China Selatan.

"Vietnam sangat menolak langkah Tiongkok dan secara serius meminta Tiongkok menghormati kedaulatan Vietnam atas Kepulauan Hoang Sa," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Vietnam, Le Thi Thu Hang, dikutip dari AFP, Rabu 6 September 2017.

Selama ini, Tiongkok mengklaim Kepulauan Paracels adalah miliknya, begitupun Vietnam yang menyebutnya Kepulauan Hoang Sa.

Menanggapi protes Vietnam, Tiongkok mengatakan bahwa pihaknya melakukan latihan militer reguler di wilayah maritim yang relevan yang terletak di barat laut dari Laut China Selatan.

Pekan lalu, Hanoi meminta Beijing untuk menghentikan aktivitasnya di wilayah tersebut dan pejabat Kemenlu Vietnam pun memanggil staf Kedutaan Besar Vietnam di Beijing untuk memperjelas posisi Vietnam.

Pada Juni lalu, pertemuan antara Jenderal Vietnam dan Tiongkok atas masalah perbatasan ini pun tiba-tiba batal. Dikabarkan, konflik kecil muncul menjelang gelaran pertemuan tersebut.

 


(AHL)