Afghanistan Lipatgandakan Pasukan Khusus untuk Melawan Taliban

Willy Haryono    •    Selasa, 05 Sep 2017 15:19 WIB
taliban
Afghanistan Lipatgandakan Pasukan Khusus untuk Melawan Taliban
Personel pasukan khusus SOC menembakkan roket di Kamp Morehead di pinggiran kota Kabul, Afghanistan, 10 Agustus 2017. (Foto: AFP/SHAH MARAI)

Metrotvnews.com, Kabul: Afghanistan menambah jumlah personel pasukan khususnya hingga dua kali lipat dalam memerangi kelompok militan Taliban yang terus melancarkan serangkaian aksi teror.

Tambahan personel untuk pasukan Special Operations Command (SOC) Afghanistan akan segera diterjunkan ke garis depan. Dalam perang melawan Taliban ini, Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump bertekad memenangkannya dengan menambah jumlah personel lapangan. 

Kamp Morehead, bekas instalasi militer Soviet di dekat Kabul, adalah satu dari dua tempat latihan SOC. Para personel baru dan senior berlatih bersama, dalam program yang diawasi langsung pasukan koalisi internasional pimpinan AS.

"Kami adalah pemburu. Kami adalah pembunuh. Kami mencari orang-orang jahat dan menghukum mereka," ucap salah satu personel SOC kepada awak media, seperti dikutip AFP, Selasa 5 September 2017. 

Meski total personel SOC hanya sekitar tujuh persen dari keseluruhan kekuatan militer Afghanistan, mereka telah dikerahkan di hampir 80 persen operasi penyerangan. AS mengklaim SOC selalu berhasil menyelesaikan misinya. 

Selalu Bugar

Namun seiring semakin kuatnya posisi Taliban di Afghanistan dan meluasnya pengaruh kelompok militan Islamic State (ISIS), terdapat kekhawatiran para personel SOC mulai kelelahan secara fisik. 

"Benar, mereka lelah. Saat ini mereka sedang mewakili dunia dalam memerangi berbagai grup militan," ujar Jenderal Dawlat Waziri, juru bicara Kementerian Pertahanan Afghanistan. 

Tahun ini, Presiden Afghanistan Ashraf Ghani telah memerintahkan penambahan personel militer hingga dua kali lipat, dari jumlah saat itu di kisaran 17 ribu. 

Mulai dari provinsi Kunduz di utara hingga Helmand, SOC melindungi sejumlah desa dari ancaman Taliban. Keahlian khusus dari SOC adalah melancarkan operasi penyerangan ke markas musuh pada malam hari.

"Jika ingin menjadi anggota SOC, kondisi tubuh Anda harus selalu fit. Saat masa seleksi, para calon anggota harus berlatih dengan menggendong tas seberat 25 kilogram," kata seorang sersan Afghanistan.


(WIL)