RI Inisiasi Enam Kesepakatan ASEAN Soal Konflik Al-Aqsa

LB Ciputri Hutabarat    •    Senin, 07 Aug 2017 05:25 WIB
palestina israel
RI Inisiasi Enam Kesepakatan ASEAN Soal Konflik Al-Aqsa
Israel memasang detektor metal di pintu masuk ke Kompleks Masjid Al-Aqsa sejak pertengahan Juli 2017. (Foto: EPA).

Metrotvnews.com, Manila: Juru bicara Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Arrmanatha Nasir mengaku Indonesia menjadi inisiator dalam terbentuknya kesepakatan ASEAN soal konflik di kompleks Masjid Al-Aqsa. Ada enam poin yang disepakati oleh para Menteri Luar Negeri (Menlu) negara-negara ASEAN.

Mengutip laman asean.org, poin pertama, negara ASEAN sepakat memberikan perhatian atas situasi di kompleks yang juga disebut sebagai Al-Haram asy-Syarif itu lantaran adanya korban jiwa dan luka-luka.

Kedua, ASEAN meminta semua pihak untuk menahan diri dan memberikan kontribusi untuk menjaga perdamaian, keamanan dan stabilitas serta menegakkan status quo kompleks Al-Aqsa.

Pada elemen ketiga, disebutkan soal menekankan pentingnya kebebasan untuk melakukan peribadatan. Melaksanakan ibadah merupakan hak asasi manusia yang paling mendasar.

"ASEAN menekankan kebebasan beragama bagi seseorang merupakan hak asasi manusia dan juga refleksi penghormatan terhadap keragaman agama dan budaya," ungkap laman tersebut, Senin 7 Agustus 2017.

(Baca juga: Indonesia Mengutuk Kekerasan Israel di Kompleks Al-Aqsa)

Keempat, disebut bahwa Al-Haram asy-Syarif sebagai tempat peribadatan suci bagi berbagai macam agama yang harus dijaga dan dilindungi.

Di elemen kelima, ASEAN mendorong masyarakat internasional untuk mendukung dan menjaga perdamaian, keamanan, stabilitas dan kebebasan beribadah di Al-Haram asy-Syarif. Terakhir, mendukung proses perdamaian antara Israel dan Palestina melalui two state solution.

"ASEAN mengedepankan solusi akhir dalam bentuk adil dan komprehensif terhadap konflik Israel-Palestina. Negara ASEAN diharapkan dapat berkontribusi terhadap perdamaian dan stabilitas di kawasan Timur Tengah dan dunia pada umumnya," tegas laman tersebut.


(HUS)