Mattis Tuduh Tiongkok Lakukan Intimidasi di Laut China Selatan

Willy Haryono    •    Sabtu, 02 Jun 2018 11:33 WIB
laut china selatan
Mattis Tuduh Tiongkok Lakukan Intimidasi di Laut China Selatan
Menhan AS James Mattis dalam konferensi keamanan di Singapura, 2 Juni 2018. (Foto: AFP/ROSLAN RAHMAN)

Singapura: Menteri Pertahanan Amerika Serikat James Matis menilai kehadiran militer serta penempatan senjata canggih Tiongkok di Laut China Selatan didesain untuk mengintimidasi sejumlah negara tetangga.

Berbicara dalam sebuah konferesi keamanan di Singapura, Mattis menyebut Tiongkok telah mengerahkan sejumlah perangkat militer termasuk misil anti-kapal, roket darat-ke-udara dan alat pengganggu sinyal elektronik di seantero Laut China Selatan.

Beijing juga telah mendaratkan sejumlah pesawat pengebom di Pulau Woody yang merupakan bagian dari Kepulauan Paracel di Laut China Selatan.

"Meski Tiongkok mengklaim sebaliknya, penempatan sejumlah sistem persenjataan ini terkait langsung dengan penggunaan kekuatan militer untuk mengintimidasi," ujar Mattis dalam acara Shangri-La Dialogue, seperti dilansir dari AFP, Sabtu 2 Juni 2018.

Mattis mengecam Presiden Tiongkok Xi Jinping yang dinilai mengingkari janjinya sendiri di Gedung Putih pada 2015. Ketika itu, Xi berjanji tidak akan memiliterisasi deretan pulau di Laut China Selatan.

Selain soal Tiongkok, Mattis juga menyinggung mengenai rencana pertemuan Presiden AS Donald Trump dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong di Singapura pada 12 Juni mendatang.

Ia menyebut militer AS akan terus mendukung para diplomat dalam mendorong denuklirisasi "menyeluruh" di Semenanjung Korea.


(WIL)