Jet Tempur Tiongkok Mungkin Kawal Kim Jong-un ke Singapura

Marcheilla Ariesta    •    Jumat, 08 Jun 2018 15:55 WIB
Amerika Serikat-Korea Utara
Jet Tempur Tiongkok Mungkin Kawal Kim Jong-un ke Singapura
Jet tempur Tiongkok mungkin kawal pesawat Kim Jong-un. (Foto: AFP).

Beijing: Tiongkok dapat mengirimkan jet tempur untuk mengawal pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un dalam penerbangannya ke Singapura. Hal ini dapat menjawab ketakutan Kim Jong-un akan kemungkinan dibunuh di pesawat.

"Mengawasi kepala negara dengan jet adalah salah satu protokol keamanan tertinggi yang dapat disediakan Angkatan Udara," ujar seorang sumber di Angkatan Udara Korea Selatan (Korsel), dilansir dari South China Morning Post, Jumat 8 Juni 2018.

Sumber tersebut mengatakan, jika benar Beijing melakukan hal tersebut, tentunya akan menjadi pesan ke Amerika Serikat (AS) bahwa Tiongkok dan Korut sangat dekat.

Sementara itu, Kim dikenal merasa ketakutan mengenai keamanan pribadinya. Menurut seorang sumber di Pyongyang, Kim mengungkapkan ketakutan dibunuh saat bertemu Presiden AS Donald Trump di Singapura.

Pyongyang dilaporkan akan berhati-hati untuk memastikan keamanan pemimpin Korut tersebut.

"Jumlah penjaga dan rute perjalanan Kim akan menjadi perhatian besar bagi keamanan di Singapura," kata mantan petugas Komando Pengawal Tertinggi Korea Utara Lee Yun-keol.

"Kim juga kemungkinan akan terbang ke Singapura melalui wilayah udara Tiongkok untuk memastikan keamanannya, sehingga ia bisa yakin mendapat perlindungan Beijing dalam perjalanannya," imbuh dia.

Persiapan pertemuan Kim dan Trump di Singapura terus dilakukan. Tak hanya pejabat kedua negara yang sibuk, Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan juga terlibat report mengurusi pertemuan ini. Vivian bahkan bertolak ke Korut untuk bertemu dengan presiden Majelis Rakyat Tertinggi Ri Yong-ho dan Kepala Seremonial Negara Kim Yong-nam.

Trump dan Kim akan bertemu di Singapura pada 12 Juni 2018. Kedua pemimpin direncanakan bertemu di salah satu hotel di Pulau Sentosa.


(WAH)