Mahathir: Pemerintah Malaysia akan Bayar Utang 1MDB yang Dijamin

Marcheilla Ariesta    •    Rabu, 16 May 2018 17:54 WIB
politik malaysia
Mahathir: Pemerintah Malaysia akan Bayar Utang 1MDB yang Dijamin
Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad. (Foto: AFP).

Kuala Lumpur: Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad mengatakan akan membayar utang terkait dana negara 1Malaysia Development Berhad (1MDB) yang telah dijamin pemerintah.

"Kami harus, jika itu melibatkan pemerintah, ya tentu pemerintah harus membayar," kata Mahathir dalam konferensi pers, seperti dikutip dari laman Channel News Asia, Rabu 16 Mei 2018.

Mahathir mengatakan bahwa dia akan menjangkau Swiss, Amerika Serikat (AS), Singapura dan Luksemburg untuk mengembalikan dana 1MDB yang mungkin mereka terima.

"Fokus kepada korupsi adalah penting karena kami perlu mendapatkan uang yang masih ada di Swiss, AS, Singapura dan mungkin Luksemburg. Untuk kali ini, kami akan menghubungi pemerintah negara-negara untuk memulihkan uang di sana," ucapnya.

Mahathir mengatakan dia telah menerima laporan dari polisi dan telah membaca laporan audit 1MDB yang belum diumumkan.

Di bawah pemerintahan mantan Perdana Menteri Najib Razak, Malaysia mengklarifikasi laporan audit pada 2016 di bawah Undang-Undang Rahasia Pejabat. Klarifikasi dilakukan ketika masalah keuangan tengah diselidiki.

Dalam laporan audit itu, disebutkan dana sekitar USD700 juta atau sekitar Rp9,8 triliun masuk ke rekening bank milik Najib. Meski demikian, dia membantah bersalah atas kasus tersebut.

Mahathir mengatakan, mengenai kasus ini pihaknya akan segera mengambil tindakan. Dia yakin Najib akan dihukum saat benar terbukti melakukan kesalahan.


(FJR)


Pameran Replika Stasiun Kereta Api Bersejarah di AS

Pameran Replika Stasiun Kereta Api Bersejarah di AS

1 hour Ago

Ribuan pengunjung setiap tahun datang ke U.S. Botanic Garden atau Kebun Raya AS di Washington untuk…

BERITA LAINNYA