Menlu Pompeo Dikabarkan akan Bebaskan 3 Warga AS di Korut

Marcheilla Ariesta    •    Rabu, 09 May 2018 13:55 WIB
korea utara
Menlu Pompeo Dikabarkan akan Bebaskan 3 Warga AS di Korut
Mike Pompeo (kiri) ketika bertemu Kim Jong-un, April lalu. (Foto: AFP).

Pyongyang: Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo untuk kedua kalinya melakukan kunjungan ke Korea Utara (Korut). Kunjungannya kali ini diduga untuk membebaskan tiga warga negara AS yang selama ini ditahan di Korut.

Pompeo masih enggan membeberkan detil misinya. Namun, dia mengatakan pembahasan mengenai pembebasan sangat mungkin terjadi.

"Kami akan membicarakannya lagi hari ini. Saya pikir akan menjadi sikap yang sangat hebat dari Korut jika mereka memutuskan untuk melakukan pembebasan," ucapnya kepada awak media sebelum bertolak ke Pyongyang, seperti dilaporkan AFP, Rabu 9 Meil 2018.

Wacana ini muncul pertama kali kala Menlu Korut berkunjung ke Swedia beberapa waktu lalu. Ketiga warga AS tersebut adalah misionaris Kim Dong-Chul, Kim-Sang-duk atau yang dikenal sebagai Tony Kim, dan Kim Hak-song. Tony Kim ditahan pada 2017 lalu setelah sebulan mengajar di Universitas Teknologi dan Ilmu Pengetahuan Pyongyang (PUST).

Kim Hak-song juga merupakan seorang pengajar di PUST. Dia ditahan pada Mei 2017 lalu saat hendak menaiki kereta api dari Pyongyang ke perbatasan China Dandong. 

Sementara itu, Trump mengatakan Pompeo ke Korut untuk mempersiapkan pertemuan antara Presiden AS Donald Trump dan pemimpin Korut Kim Jong-un.

"Menlu Pompeo mengunjungi Korut untuk mempersiapkan pertemuan saya dengan Kim Jong-un," kata Trump.

Trump dan Kim diperkirakan akan bertemu di akhir bulan Mei atau awal Juni. Namun, lokasi pasti belum diumumkan hingga sekarang.


(FJR)