PM Singapura: Kim Jong-un Sosok Muda yang Percaya Diri

Sonya Michaella    •    Selasa, 12 Jun 2018 13:59 WIB
Amerika Serikat-Korea Utara
PM Singapura: Kim Jong-un Sosok Muda yang Percaya Diri
Kim Jong-un dan PM Singapura Lee Hsien Loong. (Foto: AFP)

Singapura: Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong mengaku sangat bangga negaranya bisa menjadi tuan rumah pertemuan bersejarah Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un.

PM Lee menilai Kim Jong-un adalah pemimpin muda yang sangat percaya diri.

"Dia muda dan percaya diri. Kim Jong-un memiliki niat untuk melakukan sesuatu bagi negaranya. Itulah sebabnya ia mau bertemu dengan Presiden Trump," kata PM Lee, dikutip dari CNN, Selasa 12 Juni 2018.

Minggu 10 Juni, PM Lee menyambut kedatangan Kim Jong-un di Istana. Selain itu, Singapura juga menanggung biaya hotel Kim dan delegasi di St. Regis.

"Kami berharap bahwa dengan menyediakan tempat yang netral, dan cocok untuk kedua belah pihak, akan membuat pertemuan ini produktif dan mengubah tren negatif selama ini tentang Korut," ucap PM Lee lagi.

"Jika ada ketegangan di Asia Timur atau Semenanjung Korea, itu juga akan mengguncang wilayah Asia Tenggara," lanjut dia.

Trump dan Kim akhirnya memang bertemu di Singapura. Ini pertemuan pertama mereka. Setelah berbincang, Trump, Kim, dan delegasi makan siang bersama. Setelah itu, keduanya menandatangani kesepakatan atau hasil dari pertemuan tersebut. 


(WIL)