Laporan dari Singapura

Trump dan Kim Jong-un Bertemu Pertama Kalinya

Marcheilla Ariesta    •    Selasa, 12 Jun 2018 08:17 WIB
Amerika Serikat-Korea Utara
Trump dan Kim Jong-un Bertemu Pertama Kalinya
Jabat tangan Presiden AS Donald Trump dan Kim Jong-un. (Foto: AFP)

Singapura: Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un tiba di Hotel Capella, Singapura, bertemu untuk pertama kalinya. Kedua pemimpin ini kemudian berjabat tangan hangat.

Jabat tangan Trump dan Kim merupakan saat yang dinanti. Keduanya sempat berbincang kecil, namun senyum tidak tampak di wajah mereka.

Usai berjabat tangan, Trump mengajak Kim ke sisi berbeda dan sempat berbincang kembali. Kemudian keduanya berjalan ke ruangan untuk pertemuan one-on-one didampingi penerjemah.

Beberapa awak media kemudian mengajukan pertanyaan saat keduanya dalam ruangan pertemuan one-on-one.

"Saya berharap pertemuan ini berhasil dan saya merasa terhormat bertemu dengan dia (Kim Jong-un)," ucap Trump kepada awak media, Singapura, Selasa, 12 Juni 2018.

Kim tersenyum saat awak media menanyakan pertanyaan kepadanya. "Datang ke tempat ini sangat tidak mudah. Namun, saya berhasil menyeberangi dunia dan saya berharap pertemuan ini akan berhasil," kata Kim dalam bahasa Korea.

Kedua pemimpin untuk pertama kalinya bertemu di Hotel Capella Singapura. Mereka akan membahas lima isu penting, salah satunya denuklirisasi.



(AHL)