Ledakan di Sekolah Thailand Tewaskan Bocah 4 Tahun

Willy Haryono    •    Selasa, 06 Sep 2016 13:58 WIB
bom thailand
Ledakan di Sekolah Thailand Tewaskan Bocah 4 Tahun
Sebuah tas sekolah anak-anak tergeletak di jalanan saat petugas memeriksa lokasi ledakan bom di distrik Tak Bai, Thailand, 6 September 2016. (Foto: AFP/MADAREE TOHLALA)

Metrotvnews.com, Narathiwat: Seorang bocah perempuan berumur empat tahun menjadi satu dari dua korban tewas ledakan bom di luar sebuah sekolah di Thailand selatan, Selasa (6/9/2016). 

Bom yang disembunyikan di tangki bahan bakar sepeda motor meledak saat para siswa dan guru masuk ke sebuah sekolah di distrik Tak Bai, provinsi Narathiwat. 


Polisi memeriksa lokasi ledakan di Tak Bai. (Foto: AFP)

"Dua orang tewas termasuk seorang anak TK dan satu orang dewasa, yang bisa jadi adalah ayahnya," ujar seorang polisi kepada AFP

Petugas medis mengonfirmasi korban tewas, dan mengatakan ada sepuluh orang dewasa lainnya yang terluka terkena ledakan. Mereka termasuk beberapa warga sipil dan enam aparat keamanan. 

Pemberontak di Thailand selatan yang dikenal dengan nama 'Deep South' biasa menyerang sekolah yang dinilai sebagai simbol dari kekuasaan pemerintah pusat. 

Lebih dari 6.500 orang -- sebagian besarnya warga sipil -- tewas dalam konflik antara pemberontak dengan pasukan keamanan Thailand sejak 2004 di wilayah selatan yang berbatasan dengan Malaysia. 

Saking berbahayanya Thailand selatan, polisi atau tentara kerap mendampingi guru serta siswa yang hendak pergi ke sekolah. Sejumlah guru telah tewas di tangan pemberontak, bahkan beberapa di antaranya dieksekusi di hadapan murid. 


Warga melihat lokasi ledakan di Tak Bai. (Foto: AFP)

"Bom ini merupakan usaha terbaru militan untuk memicu keresahan. Mereka membunuh siapapun tanpa pandang bulu," kata Kolonel Pramote Prom-in, juru bicara militer Thailand selatan, dalam pernyataan di media sosial. 

Ledakan bom di Tak Bai terjadi kurang dari sebulan setelah serangkaian bom melanda beberapa kota wisata Thailand, termasuk Hua Hin, Phuket dan Surat Thani. Serangkaian ledakan yang terjadi pada 11-12 Agustus itu menewaskan empat orang dan melukai puluhan lainnya.


(WIL)