Usai KTT G20, Warga Hangzhou yang Diungsikan Belum Kembali

Sonya Michaella    •    Kamis, 08 Sep 2016 15:52 WIB
ktt g20
Usai KTT G20, Warga Hangzhou yang Diungsikan Belum Kembali
Kepala negara di pertemuan KTT G20 Tiongkok (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Hangzhou: Seketika kota Hangzhou di Tiongkok menjadi 'kota hantu' menjelang KTT G20. Bahkan, seusai pelaksanaan KTT, suasana di Hangzhou masih lengang.
 
Bagaimana tidak, kepala negara beserta delegasinya dari 20 negara anggota G20 datang untuk menghadiri pertemuan internasional tersebut.
 
Seperti dilansir BBC, Kamis (8/9/2016), warga Hangzhou yang bertempat tinggal di sekitar atau di dekat lokasi KTT, diungsikan menjelang KTT G20. Hingga sekarang, mereka juga belum kembali ke Hangzhou.
 
Pabrik-pabrik ditutup untuk menjaga para pemimpin negara tak terkena polusi. Para pekerja pabrik diliburkan untuk sesaat.
 
Kendaraan bermotor pun tak terlihat di Hangzhou, hanya para penjaga keamanan yang berjaga-jaga di sekitar lokasi KTT dan mereka pun mengendarai sepeda.
 
Lalu, ke mana warga Hangzhou pergi selama KTT G20 dilaksanakan di Tiongkok? Ternyata, mereka diungsikan ke sebuah daerah bernama Yellow Mountain, sekitar 200 kilometer dari Hangzhou.

 
 
Terlihat mereka sedang berjalan di sepanjang jalan Yellow Mountain. Tak hanya warga Hangzhou, para turis mancanegara yang hendak ke Hangzhou pun terpaksa berbelok Yellow Mountain.
 
Seorang petugas dari sebuah penginapan di daerah Yellow Mountain mengatakan bahwa sebenarnya pada September adalah waktu yang sepi atau biasa disebut quiet season.
 
Namun, tidak untuk kali ini. Berkat KTT G20, kawasan Yellow Mountain ramai dan kedatangan banyak 'turis domestik' maupun mancanegara.
 
Warga Hangzhou memang sengaja diungsikan oleh Pemerintah Tiongkok demi kelancaran pelaksanaan KTT G20 pada 4 hingga 5 September lalu.

(FJR)