Persiapan Selesai, Korut Segera Luncurkan Nuklir Kembali

Sonya Michaella    •    Senin, 12 Sep 2016 08:28 WIB
nuklir korea utara
Persiapan Selesai, Korut Segera Luncurkan Nuklir Kembali
Protes yang memrotes pemimpin Korut, Kim Jong-un (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Seoul: Korea Utara (Korut) dilaporkan telah menyelesaikan persiapan untuk uji coba nuklir lagi. Sebelumnya, pada Jumat 9 September kemarin, Korut kembali meluncurkan nuklirnya yang kelima pada tahun ini.

Media pemerintah Korea Selatan (Korsel), Yonhap melaporkan bahwa Korut mungkin akan menggunakan terowongan yang sebelumnya belum pernah dipakai untuk uji coba nuklir yang selanjutnya.

"Indikasi telah terlihat, Korut telah menyelesaikan persiapan untuk melakukan uji coba nuklir pada setiap saat," sebut media Korsel, Yonhap yang mengutip salah satu sumber pemerintah Korsel, seperti dikutip Reuters, Senin (12/9/2016).

Pemberitaan tersebut tak merinci apa kegiatan yang telah terdeteksi di lokasi uji coba nuklir Korut, yaitu di dekat pantai timur laut Korut, di mana lokasi tersebut menjadi lokasi peluncuran nuklir kelima kemarin.

Setelah terancam sanksi dari beberapa negara dan juga PBB, Korut bersumpah akan terus memperkuat kekuatan nuklirnya dan mengatakan bahwa sanksi terkait uji coba nuklir kelimanya adalah sesuatu yang 'menggelikan'.

Sementara, Amerika Serikat mengirim utusan khusus yang akan melakukan perjalanan ke Seoul, setelah bediksusi dengan para pejabat Jepang dan negara-negara tetangga terkait uji cona nuklir Korut.

Sung Kim, utusan khusus dari AS tersebut mengatakan bahwa AS akan mengeluarkan sanksi sepihak terhadap Korut akibat peluncuran nuklir Korut yang terus menerus.

Senada dengan AS, Korsel pun akan mengeluarkan sanksi terhadap Korut. Bahkan Korsel mengatakan bahwa nuklir Korut berkembang sangat cepat dan pemimpin Korut, Kim Jong-un tak bersedia untuk menghentikan itu.

Dewan Keamanan PBB pun mengecam keputusan Korut untuk melaksanakan uji coba nuklir lagi dan mengatakan akan segera bekerja untuk resolusi.

AS, Inggris dan Prancis mendorong anggota DK PBB lainnya untuk menjatuhkan sanksi baru untuk Korut.


(WIL)

Hillary Clinton Janjikan Biaya Kuliah Gratis

Hillary Clinton Janjikan Biaya Kuliah Gratis

11 hours Ago

Dalam kampanyenya bersama Bernie Sanders, Calon Presiden Amerika Serikat Hillary Clinton menyatakan…

BERITA LAINNYA