RI Bisa Belajar Penanganan Gempa dari Selandia Baru

Sonya Michaella    •    Senin, 05 Nov 2018 12:44 WIB
gempa bumiindonesia-selandia baru
RI Bisa Belajar Penanganan Gempa dari Selandia Baru
Organisasi Persahabatan Indonesia-Selandia Baru sudah berdiri selama delapan tahun. (Foto: Sonya Michaella)

Jakarta: Memasuki usia delapan tahun berdirinya Organisasi Persahabatan Indonesia-Selandia Baru, banyak sektor yang ingin ditingkatkan kedua negara. Salah satunya adalah penanggulangan gempa.

Letak Indonesia dan Selandia Baru yang sama-sama berada di Cincin Api (Ring of Fire), membuat dua negara ini kerap dilanda bencana seperti gempa bumi dan gelombang tsunami.

"Penanganan gempa mereka termasuk yang sangat baik di kawasan. Jadi kita tentu bisa belajar bagaimana menangani gempa dari Selandia Baru," kata mantan Duta Besar RI untuk Selandia Baru Amris Hasan, di Kedutaan Besar di Selandia Baru, Jakarta, Senin 5 November 2018.

"Teknologi untuk penanganan gempa dari Selandia Baru cukup bagus, dan kita harus bisa menyerap itu dan bekerja sama dengan mereka," lanjut dia.

Delapan tahun memegang jabatan sebagai ketua organisasi, Amris berharap hubungan Indonesia dan Selandia Baru terus meningkat, terutama antarwarga kedua negara.

Senada dengan Amris, mantan Menteri Luar Negeri RI Hassan Wirajuda juga berharap Selandia Baru bisa membantu Indonesia dalam menghadapi gempa.

"Beberapa gedung di Jakarta juga sudah pakai impor bahan anti-gempa dari Selandia Baru yang memang tahan gempa. Kecuali gedung-gedung lama seperti Sarinah, misalnya," ungkap dia.

Beberapa hari lalu, Wellington juga sempat diguncang gempa berkekuatan 6,2 Skala Richter (SR). Gempat terjadi bertepatan dengan kunjungan Pangeran Harry dan istrinya, Meghan Markle. 



(WIL)