Usai Wafatnya Raja, Media Thailand Berubah Warna Hitam Putih

Sonya Michaella    •    Sabtu, 15 Oct 2016 09:19 WIB
raja thailand
Usai Wafatnya Raja, Media Thailand Berubah Warna Hitam Putih
Media online, Bangkok Post berubah warna hitam putih untuk hormati wafatnya raja (Foto: Bangkok Post)

Metrotvnews.com, Bangkok: Untuk memperingati wafatnya Raja Bhumibol Adulyadej, Pemerintah Thailand meminta stasiun televisi nasional maupun biro stasiun televisi internasional menyiarkan warna hitam putih.

Penyiaran dengan warna hitam putih ini ditetapkan untuk 30 hari ke depan. Konten-konten yang disiarkan pun dibatasi oleh pemerintah.

"Program hiburan dan iklan tak boleh disiarkan. Acara yang mengandung tarian dan nyanyian juga tak boleh," ungkap salah satu otoritas penyiaran, seperti dikutip AFP, Sabtu (15/10/2016).

Presenter yang membawakan berita juga diharuskan mengenakan pakaian hitam putih sebagai tanda berkabung. Selain itu, mereka dilarang menganalisis atau mengkritik informasi pada berita kematian Raja.

Tak hanya televisi, media cetak dan online juga diperintahkan untuk tak mengeluarkan berita hiburan. Misalnya saja, Bangkok Post.

Situs berita Bangkok Post yang memiliki ciri khas warna biru di kepala beritanya mengubah seluruh tampilan menjadi hitam-putih. Bahkan iklan dalam situs itu juga dibuat format tanpa warna.

Tempat hiburan pun diminta untuk segera tutup sementara selama 30 hari ke depan.

Sejumlah bar dan klub di Bangkok langsung cepat ditutup setelah Royal Palace mengumumkan wafatnya raja yang meninggal pada usia 88 tahun ini.

Sejumlah konser yang akan digelar di Thailand juga dibatalkan. Pemerintah Thailand juga meminta para turis yang sedang atau akan datang ke Thailand untuk menghormati wafatnya raja.

Menurut keterangan Istana Kerajaan Thailand, Bhumibol wafat pada pukul 3.52 sore waktu setempat. Sebelumnya ia didera sakit berkepanjangan.

Bhumibol adalah raja yang paling lama berkuasa yaitu selama 70 tahun. Putra Mahkota Thailand, Maha Vajiralongkorn akan segera dilantik untuk menggantikan takhta ayahnya.


(AHL)

BDF IX Berakhir, Demokrasi Masih Hadapi Banyak Tantangan

BDF IX Berakhir, Demokrasi Masih Hadapi Banyak Tantangan

22 hours Ago

Bali Democracy Forum (BDF) IX resmi ditutup. Sejak pertama kali diadakan pada 2008, tingkat keikutsertaan…

BERITA LAINNYA