Tujuh Tewas dalam Penembakan di Kashmir

Sonya Michaella    •    Senin, 10 Jul 2017 07:55 WIB
konflik kashmir
Tujuh Tewas dalam Penembakan di Kashmir
Bentrokan yang terjadi di perbatasan Kashmir. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Kashmir: Setidaknya tujuh orang tewas di perbatasan India-Pakistan, Kashmir, dalam penembakan lintas batas, kemarin.

Insiden tersebut terjadi ketika ratusan orang turun ke jalan di bagian Kashmir, yang dikuasai Pakistan untuk memperingati kematian Burhan Wani, seorang  pemimpin pemberontak yang dibunuh tentara usai mendesak penduduk Muslim untuk melawan pasukan India.

Dilansir Reuters, Senin 10 Juli 2017, para pengunjuk rasa pun melemparkan batu ke arah polisi dan polisi membalas dengan menembakkan gas air mata.

Lima orang tewas di perbatasan wilayah Pakistan yang disengketakan, dan 10 lagi terluka dalam penembakan lintas batas.

Sementara, juru bicara pertahanan militer India mengatakan bahwa dua warga sipil tewas di perbatasan sisi mereka, dan dua lagi cedera akibat penembakan oleh pasukan Pakistan.

Dua negara bertetangga di  Asia Selatan itu telah melakukan dua pertempuran dari tiga perang yang melibatkan mereka sejak kemerdekaan pada 1947, di Kashmir yang berpenduduk mayoritas Muslim.

Keduanya memiliki klaim sepenuhnya atas wilayah tersebut, namun secara aturan mereka masing-masing hanya memiliki sebagian wilayah.

India menuduh Pakistan mendorong petempur dari Kashmir untuk melakukan serangan. Namun, tuduhan itu langsung dibantah Pakistan


(WIL)