Antisipasi Misil Korut, Jepang Kerahkan Sistem Pertahanan Patriot

Sonya Michaella    •    Sabtu, 12 Aug 2017 10:51 WIB
nuklir korea utara
Antisipasi Misil Korut, Jepang Kerahkan Sistem Pertahanan Patriot
Sistem pertahanan rudal Patriot Advanced Capability-3 milik Jepang. (Foto: The Japan Times)

Metrotvnews.com, Tokyo: Jepang akhirnya mengerahkan sistem pertahanan rudal bernama Patriot untuk menanggapi ancaman Korea Utara (Korut) yang diperkirakan segera menembakkan misil balistik ke arah pangkalan militer Amerika Serikat (AS) di Guam.

Pernyataan ini dikeluarkan oleh Kementerian Pertahanan Jepang di mana sistem pertahanan rudal Patriot Advanced Capability-3 terletak di Shimane, Hiroshima dan Kochi.

Tayangan di stasiun televisi memperlihatkan sejumlah kendaraan militer membawa peluncur dan peralatan lainnya memasuki pangkalan di Kochi, dini hari tadi.

Dikutip dari Kyodo, Sabtu 12 Agustus 2017, Pemerintah Jepang berharap penyelesaian penyebaran sistem pertahanan ini sudah rampung pada hari ini.

"Jepang tidak tdapat mentolerir lagi provokasi dari Korut dan militer kami akan mengambil tindakan yang diperlukan," ucap juru bicara pemerintah, Yoshihide Suga.

Pasalnya, dua misil balistik antarbenua yang ditembakkan Pyongyang pada bulan Juli lalu, jatuh tepat di daerah Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Laut Jepang.

Kementerian Pertahanan Jepang juga mengklaim bahwa program misil balistik Negara Komunis tersebut telah memasuki perkembangan terbaru.

Jepang mengakui sedang mengawasi secara dekat perkembangan misil balistik Negara Komunis tersebut. Apalagi adanya sejarah Korut yang menculik warga Jepang untuk dijadikan mata-mata.
 
Menteri Pertahanan Jepang yang baru, Itsunori Onodera mengatakan, ditelisik dari laporan-laporan yang lalu, perkembangan program misil balistik Korut memang semakin meningkat.

 


(FJR)