37 Militan Termasuk Tiga WNI Tewas Digempur Militer Filipina

Sonya Michaella    •    Rabu, 26 Apr 2017 09:49 WIB
isiswnifilipina
37 Militan Termasuk Tiga WNI Tewas Digempur Militer Filipina
Militer FIlipina gempur 37 militan ISIS, termasuk tiga WNI. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Manila:  Militer Filipina baru saja mengklaim bahwa mereka telah menewaskan 37 militan Islamic State (ISIS), termasuk tiga Warga Negara Indonesia (WNI) dan seorang warga Malaysia dalam serangan di darat dan udara.

"Kami menewaskan 37 orang. 14 sudah diidentifikasi dan 23 masih diperiksa. Tiga orang Warga Negara Indonesia (WNI) dan satunya warga Malaysia," kata Kepala Militer Nasional Filipina, Jenderal Eduardo Ano, seperti dikutip Strait Times, Rabu 26 April 2017.

Juru bicara pasukan yang menggempur militan ISIS tersebut, Letnan Kolonel Jo-ar Herrera, mengatakan bahwa tentara menemukan paspor asing milik militan yang tewas ini. Namun ia menolak menjelaskan lebih lanjut.

"Warga asing tersebut adalah mantan anggota kelompok militan Asia Tenggara, Jamaah Islamiyah yang melakukan pengeboman pada 2002 di Bali, Indonesia," kata dia.

Ia menambahkan, Jamaah Islamiyah memang telah lama bermukim di Filipina Selatan dan melatih penduduk setempat membuat bom rakitan.

Menurut laporan, militer Filipina menyerang para militan menggunakan pesawat jet FA-50, helikopter tempur, pesawat pengebom dan artileri, tepatnya di kamp Maute yang dikuasai militan.

"Kelompok Maute memiliki tujuan dan berusaha bergabung dengan militan lainnya untuk menyerang Irak dan Suriah juga," sebut dia.

Para tentara Filipina juga menemukan bendera hitam milik ISIS di kamp tersebut beserta sejumlah alat peledak, granat, laptop, ponsel dan kamera yang disinyalir digunakan untuk membuat video perekrutan militan baru.

"Pasukan kami masih memburu lebih dari 100 militan lain yang melarikan diri ke perbukitan," pungkas dia.


(WIL)