Ucapan Perpisahan Jokowi untuk Obama

Stela Nau    •    Kamis, 08 Sep 2016 18:47 WIB
ktt asean
Ucapan Perpisahan Jokowi untuk Obama
Presiden Joko Widodo

Metrotvnews.com, Vientianne: KTT ASEAN di Laos, adalah KTT ASEAN terakhir yang akan dihadiri Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama. Presiden Joko Widodo pun mengucapkan salam perpisahan untuk Obama. 
 
Presiden Joko Widodo juga menyampaikan harapannya terhadap Amerika Serikat di bawah kepemimpinan presiden yang baru.
 
"Indonesia berharap agar Amerika Serikat tetap menjadi negara besar yang demokratis dan menghargai pluralisme, tetap menjadi ekonomi yang terbuka serta terus memberikan kontribusi bagi terciptanya perdamaian dan kesejahteraan dunia," ujar Presiden Joko Widodo, di Vientiane, Laos, Kamis (8/9/2016).
 
"Selamat berkiprah di tempat yang baru. Saya yakin, kemanapun Presiden Obama berkiprah, akan selalu mempromosikan pentingnya kerja sama ASEAN dan Amerika Serikat," tutur Presiden Joko Widodo.
 
Menutup sambutannya, Presiden Joko Widodo mengajak Presiden Obama untuk mengunjungi teman-teman lama di Jakarta. 
 
Delapan kali Obama hadir di KTT ASEAN
 
Menutup pertemuan dengan KTT ASEAN, Presiden Obama menceritakan kesannya mengenai pertemuan dengan negara-negara Asia Tenggara ini.
 
"Saya sudah bertemu dengan para pemimpin ASEAN sebanyak delapan kali dan mengunjungi Asia Tenggara lebih banyak dibandingkan Presiden AS lainnya," tutur Obama.
 
"Hal tersebut merefleksikan betapa pentingnya ASEAN dan kawasan ini," tegasnya.


Presiden Barack Obama berdiskusi dengan penasihatnya (Foto: AFP)

 
Obama menilai ASEAN memegang peranan penting dalam beberapa isu internasional, termasuk Kesepakatan Iklim Paris. Kemudian, kejahatan transnasional juga menjadi perhatian kerja sama antara AS dan ASEAN.
 
"Bersama kita akan tetap waspada dalam melawan terorisme, termasuk di Asia Tenggara di mana kemitraan kuat terjalin," pungkas Obama.
 
Isu kesehatan juga menjadi perhatian bagi Obama. Dengan ASEAN, AS akan terus bekerja sama untuk mengatasi penyakit dan memperkuat keamanan kesehatan di dunia.

(FJR)