Malaysia Waspadai Ancaman Virus Zika

Sonya Michaella    •    Rabu, 05 Oct 2016 15:39 WIB
virus zika
Malaysia Waspadai Ancaman Virus Zika
Peringatan virus Zika di Singapura (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Jakarta: Virus Zika yang tengah melanda Asia membuat sejumlah negara, termasuk Malaysia, khawatir. 

Infeksi Zika terhadap wanita hamil berisiko memicu microcephaly, atau cacat lahir yang membuat kepala dan otak bayi berukuran lebih kecil dari normal. Virus yang dibawa nyamuk ini juga disebut-sebut dapat menyebabkan beberapa kelainan otak lainnya. 

"Kita berhati-hati. Memang belum critical dan emergency di Malaysia, tapi kita tetap berjaga-jaga," kata Duta Besar Malaysia untuk Indonesia, Dato Seri Zahrain Mohamed ketika ditemui di Kedutaan Besar Malaysia, Jakarta, Rabu (5/10/2016).

"Kementerian Kesehatan Malaysia juga terus pantau kasus ini. Zika memang sedang melanda Asia Tenggara," lanjutnya lagi.

Terkait virus Zika, Amerika Serikat (AS) telah mengeluarkan travel advisory untuk 11 negara di Asia Tenggara, termasuk Malaysia.

Saat ini, sebanyak 21 kasus baru virus Zika terkonfirmasi muncul di Bangkok, Thailand, termasuk yang terjangkit di tubuh wanita hamil.

Kasus pertama virus Zika di Thailand muncul pada 2012. Sejak saat ini, Otoritas Metropolitan Bangkok terus menyelidiki seluk beluk virus tersebut.

Di Singapura, kasus Zika telah mencapai 300 kasus. Seorang Warga Negara Indonesia pun sempat terjangkit gejala virus Zika, namun telah ditangani dan sembuh.

Kemenlu RI telah berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan dan Kementerian Hukum Ham untuk melakukan pencegahan masuknya virus Zika ke Tanah Air. 

Untuk proses masuknya warga Singapura ke Indonesia, ada beberapa entry point (pintu masuk) yang harus diperhatikan, terutama lewat Batam.
 
"Jadi ada beberapa entry point, nah itu harus dilengkapi alat deteksi bagi warga Singapura yang akan ke Indonesia," jelas mantan Dubes di Belanda itu.


(WIL)

BDF IX Berakhir, Demokrasi Masih Hadapi Banyak Tantangan

BDF IX Berakhir, Demokrasi Masih Hadapi Banyak Tantangan

22 hours Ago

Bali Democracy Forum (BDF) IX resmi ditutup. Sejak pertama kali diadakan pada 2008, tingkat keikutsertaan…

BERITA LAINNYA