Korut Keluarkan Perintah Eksekusi Eks Presiden Korsel

Sonya Michaella    •    Kamis, 29 Jun 2017 11:13 WIB
korsel-korut
Korut Keluarkan Perintah Eksekusi Eks Presiden Korsel
Mantan Presiden Korsel, Park Geun-hye (Foto: Yonhap)

Metrotvnews.com, Pyongyang: Korea Utara (Korut) mengeluarkan perintah agar mantan presiden Korea Selatan (Korsel) Park Geun-hye dieksekusi mati. 

Kantor berita Korut, KCNA, menyebutkan Park bersama dengan mantan direktur Badan Intelijen Korsel, Lee Byung-ho pernah merencanakan pembunuhan terhadap pemimpin Korut, Kim Jong-un.

"Kami menyatakan di dalam dan di luar negeri bahwa kami akan menjatuhkan hukuman mati atas pengkhianat Park Geun-hye dan Lee Byung-ho," tulis pernyataan resmi dari Korut.

Dikutip dari Yonhap, Kamis 29 Juni 2017, Korut juga meminta Korsel untuk menyerahkan keduanya ke Pyongyang.

Korut juga menyebut bahwa ada sejumlah bukti di mana Park menjadi dalang dalam sebuah rencana pembunuhan Kim pada 2015 silam. 

KCNA memang tidak mencantumkan bukti tersebut, namun surat kabar Jepang, Asahi Shimbun menyebut bahwa Park pernah menyetujui sebuah rencana untuk menggulingkan rezim Kim pada 2015.

Dalam laporannya, Asahi Shimbun mengutip sumber anonim yang mengaku tahu soal rencana Park dan Badan Intelijen Korsel tersebut. 

Berita itu menyebutkan Park telah menandatangani rencana penggulingan dan Badan Intelijen Korsel-lah yang akan melaksanakannya. 



(WIL)