Hari Pasukan Perdamaian PBB, Menlu: Jaga Kredibilitas dan Nama RI

Sonya Michaella    •    Senin, 29 May 2017 08:52 WIB
pbbkemenlupasukan perdamaian
Hari Pasukan Perdamaian PBB, Menlu: Jaga Kredibilitas dan Nama RI
Menlu RI Retno Marsudi. (Foto: ANTARA FOTO/Suwandy)

Metrotvnews.com, Jakarta: Memperingati Hari Pasukan Perdamaian PBB Internasional, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi berpesan kepada seluruh pasukan misi perdamaian Indonesia untuk tetap selalu menjaga profesionalisme dan dedikasi.

"Kepada Kontingen Garuda Indonesia di 9 misi, saya berpesan jaga profesionalisme dan dedikasi, jaga nama baik serta kredibilitas PBB dan bangsa Indonesia," kata Menlu Retno, seperti dikutip dari Menlu Menyapa, Kemlu TV, Senin 29 Mei 2017.

Menlu Retno, secara khusus, juga mengucapkan selamat kepada seluruh personil dan pasukan misi pemelihara perdamaian PBB, The Blue Helmets terkait peringatan ini.

"Sesuai dengan tema tahun ini, Investing in Peace Around the World, Indonesia menegaskan komitmennya untuk berinvestasi menciptakan perdamaian untuk menjadi bagian dari solusi termasuk melalui misi pemeliharaan perdamaian PBB, serta melalui pencalonan sebagai Anggota Tidak Tetap DK PBB periode 2019-2020," lanjut dia.

Indonesia menyampaikan penghargaan kepada seluruh pasukan dan personal pemelihara perdamaian PBB dan para veteran serta para Peacekeepers Indonesia.

"Kami mengenang jasa 3.500 anggota misi pemelihara perdamaian PBB yang telah gugur termasuk 117 anggota di tahun 2016. Pemeliharaan perdamaian menjadi salah satu inti dari kebijakan luar negeri Indonesia," tutur dia.

Sejak misi pertama Kontingen Garuda pada 1957, sampai sekarang terhitung sudah 37.656 peacekeepers telah berpartisipasi, dan 35 gugur di medan tugas.

Menlu Retno menegaskan sekali lagi bahwa Indonesia akan terus memperluat komitmen dan kontribusi melalui target pengiriman 4000 personel pemelihara perdamaian hingga 2019.

"Semoga Allah SWT memberkati misi kalian," tutupnya.


(WIL)