Masuki Australia Secara Ilegal, Enam Warga Tiongkok Ditangkap

Sonya Michaella    •    Rabu, 30 Aug 2017 10:30 WIB
australiapencari suakationgkok
Masuki Australia Secara Ilegal, Enam Warga Tiongkok Ditangkap
Tujuh orang yang berusaha masuk ke Australia dicegat oleh Australian Border Force. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Canberra: Enam warga Tiongkok dan satu warga Papua Nugini diciduk otoritas Australia karena mencoba memasuki Australia dengan menaiki kapal. Dua di antara mereka diduga melakukan penyelundupan manusia.

Mereka bertujuh dicegat di Selat Torres, sebelah utara Australia. Dilaporkan, pekan lalu mereka sudah tiba di Pulau Saibai. Namun, pihak berwenang Australia enggan menjelaskan lebih lanjut.

"Angkatan Bersenjata Australia telah menahan enam warga Tiongkok dan satu warga Papua Nugini yang mencoba masuk secara ilegal ke Australia menggunakan kapal," kata seorang juru bicara imigrasi dan perlindungan perbatasan Australia.

Dikutip dari Sydney Morning Herald, Rabu 30 Agustus 2017, lima warga Tiongkok akan dideportasi sementara dua orang lainnya, termasuk satu warga Papua Nugini masih ditahan dan akan diperiksa lebih lanjut.

"Operasi tersebut menunjukkan keefektifan penegak hukum Australia di wilayah Selat Torres," ungkap dia lagi.

Meski Pulau Nauru dan Pulau Manus segera ditutup, masih banyak pengungsi dan pencari suaka yang berusaha mencapai Australia dengan menaiki kapal.

Setidaknya, 1.200 orang telah tewas karena mencoba memasuki Australia dalam rentang tahun 2008 hingga 2013. 

Hampir 850 kapal membawa 51 ribu pencari suaka juga tiba di Australia untuk mencari tempat tinggal, berdasarkan data dari Parlemen Australia.


(WIL)