AS jadi Alasan Korut Tolak Perundingan dari Korsel

Sonya Michaella    •    Senin, 07 Aug 2017 09:35 WIB
aseannuklir korea utara
AS jadi Alasan Korut Tolak Perundingan dari Korsel
Menteri Luar Negeri Korea Utara, Ri Yong-Ho. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Manila: Menteri Luar Negeri Korea Selatan (Korsel) dan Korea Utara (Korut) akhirnya bertemu di sela-sela gelaran ASEAN Ministerial Meeting di Manila, Filipina.

Dikutip dari Yonhap, Senin 7 Agustus 2017, Menlu Korsel Kang Kyung-wha mengadakan pertemuan singkat dengan Menlu Korut Ri Yong-Ho menjelang makan malam Forum Regional ASEAN, kemarin.

Kang mendesak Ri untuk menerima tawaran Seoul melakukan perundingan militer untuk menurunkan ketegangan di Semenanjung Korea dan mendiskusikan perdamaian dua wilayah ini.

Namun, Ri tetap menolak tawaran perundingan tersebut. Seorang pejabat dari Kementerian Luar Negeri Korsel mengatakan, alasan Korut menolak tawaran tersebut karena Korsel bekerja sama dengan Amerika Serikat.

Kabarnya, Ri juga sempat menyebut bahwa tawaran dari Korsel itu tidak "memiliki ketulusan".

Pertemuan dua menlu ini terjadi sehari setelah Dewan Keamanan PBB mengeluarkan sanksi ke Korut atas peluncuran rudal antarbenua yang pertamanya pada 4 Juli kemarin.

Para menlu ASEAN juga mendukung upaya denuklirisasi di Semenanjung Korea via jalan damai, menyerukan aksi menahan diri bagi semua kubu bertikai dan menggarisbawahi pentingnya menciptakan kondisi kondusif untuk menurunkan ketegangan. 

"Kami mendukung berbagai inisiatif untuk meningkatkan hubungan inter-Korea menuju perdamaian permanen di Semenanjung Korea. ASEAN siap memainkan peran konstruktif dalam berkontribusi terhadap perdamaian dan stabilitas di Semenanjung Korea," ungkap para menlu ASEAN. 





(WIL)