Sepakati Latihan Militer Bersama, Bukti ASEAN-Tiongkok Damai

Marcheilla Ariesta    •    Rabu, 25 Oct 2017 15:05 WIB
asean
Sepakati Latihan Militer Bersama, Bukti ASEAN-Tiongkok Damai
Konferensi menteri pertahanan ASEAN turut dihadiri negara mitra, termasuk Tiongkok (Foto: AFP).

Metrotvnews.com, Singapura: Latihan militer gabungan antara Asosiasi Negara Asia Tenggara (ASEAN) dengan Tiongkok sudah disepakati. Latihan gabungan pertama antar Angkatan Laut akan digelar tahun depan.
 
Disepakatinya latihan gabungan ini menjadi bukti bahwa ASEAN dengan Tiongkok berdamai. Pernyataan perihal latihan gabungan diungkapkan Menteri Pertahanan Singapura, Ng Eng Hen.
 
"Kami akan menyelesaikan rinciannya, melihat logistiknya dan menemukan wilayah yang cocok, di mana angkatan laut ASEAN dan Tiongkok bisa latihan bersama," seru Ng di Clark, Filipina, menghadiri Konferensi Menteri Pertahanan (ADMM).
 
Dikutip dari South China Morning Post, Rabu 25 Oktober 2017, Ng menuturkan langkah ini adalah upaya membangun kepercayaan antara kedua pihak. Pasalnya, selama ini ASEAN-Tiongkok berseteru atas sengketa wilayah di Laut China Selatan.
 
Ng mengatakan, negaranya sangat mendukung adanya kesepakatan ini. Sejumlah mitra negara ASEAN, imbuh Ng, seperti Amerika Serikat (AS), Rusia, Korea Selatan (Korsel), India, Australia dan Selandia Baru juga ikut mendukung upaya baik tersebut.
 
"Bagi mitra kami, ini adalah komunikasi langsung antara Tiongkok dan ASEAN," ujar dia.
 
Hubungan Tiongkok dan beberapa negara ASEAN sempat memanas kala Beijing mengklaim hampir 90 persen wilayah di Laut China Selatan. Beberapa negara ASEAN yang wilayahnya tumpang tindih itu adalah Filipina, Brunei Darussalam, Vietnam dan Malaysia.



(FJR)