Gunung Agung Erupsi, Bali Democracy Forum Dipindah ke Banten

Sonya Michaella    •    Kamis, 30 Nov 2017 14:57 WIB
bali democracy forum
Gunung Agung Erupsi, Bali Democracy Forum Dipindah ke Banten
Erupsi Gunung Agung di Karangasem, Bali membuat pelaksanaan Bali Democracy Forum dipindah ke Banten (Foto: AFP).

Jakarta: Akibat erupsi Gunung Agung di Bali, perhelatan Bali Democracy Forum X yang sedianya akan dilaksanakan di kawasan Nusa Dua terpaksa dipindah ke International Convention Exhibition Bumi Serpong Damai (ICE BSD), Tangerang, Banten.
 
 
"Keputusan ini diambil demi kenyamanan para undangan dan peserta BDF X, karena kondisi Bali yang seperti sekarang tidak memungkinkan untuk digelarnya BDF di sana," kata Direktur Jenderal Informasi Publik Kementerian Luar Negeri RI Cecep Herawan di Jakarta, Kamis 30 November 2017.
 
"Pemerintah memutuskan ini karena keadaan Gunung Agung terus berkembang. Situasi Bali memang normal, apalagi Nusa Dua. Tetapi situasi udara dan pertimbangannya adalah Bandara I Gusti Ngurah Rai yang bisa sewaktu-waktu ditutup," lanjut dia.
 
Meski terjadi perubahan lokasi, Cecep memastikan bahwa segala sesuatu yang sudah dipersiapkan untuk perhelatan 10 tahun BDF ini tidak akan berubah. 
 
"Sejauh ini, ada 29 delegasi yang memastikan hadir ditambah dengan enam organisasi internasional," ucap mantan Wakil Duta Besar RI di Korea Selatan ini.
 
Selain itu, 16 menteri luar negeri dipastikan hadir, satu kepala negara, dan pejabat setingkat direktur jenderal.
 
Forum tersebut biasanya diadakan setiap bulan Desember. Sesuai namanya, BDF selalu dilaksanakan di Bali. Baru kali ini dan bertepatan dengan 10 tahun, dilaksanakan di Banten karena erupsi Gunung Agung.
 
BDF merupakan sebuah sarana bagi negara-negara Asia Pasifik untuk saling berbagi pengalaman demokrasi guna menciptakan masyarakat yang lebih demokratis. 
 
Terdapat 20 negara yang menjadi peserta dalam forum ini yang mana tiap negara diwakili oleh masing-masing Menteri Luar Negeri.



(FJR)