Doktor asal Malaysia Bersaksi di Persidangan Siti Aisyah

Sonya Michaella    •    Selasa, 28 Nov 2017 18:51 WIB
pembunuhan kim jong-nam
Doktor asal Malaysia Bersaksi di Persidangan Siti Aisyah
SIti Aisyah ketika dibawa ke Pengadilan Syah Alam, Kuala Lumpur. (Foto: AFP0

Kuala Lumpur: Pengacara Siti Aisyah, Gooi Soon Seng mengungkapkan bahwa ada dua dokter asal Malaysia yang menjadi saksi di sidang lanjutan kasus pembunuhan Kim Jong-nam, hari ini dan kemarin.

"Sampel darah dan baju Jong-nam diperiksa dari satu dokter ahli dan ke dokter lain, dipastikan, lalu akhirnya dipaparkan oleh salah satu dokter asal Malaysia," kata Gooi dalam sebuah video yang diterima Metrotvnews.com, Selasa 28 November 2017.

Dari kesaksian ini, ada kemungkinan Siti Aisyah dan Doan Thi Huong memiliki celah waktu untuk memberi racun VX tersebut ke Jong-nam.

Nurliza adalah satu dari dua dokter asal Malaysia yang melakukan otopsi terhadap jasad Jong-nam. Laporan otopsi pun dipresentasikan saat sidang berlangsung.

"Penyempitan pupil mata dan jumlah kotoran yang ada di dalam pakaian dalam Jong-nam, menunjuk pada keracunan VX," ucap Nurliza di persidangan kemarin. 

Siti Aisyah asal Indonesia dan Doan Thi Huong asal Vietnam, sejak awal memgaku tak bersalah atas kematian Kim Jong-nam, 16 Februari 2017 di Bandara Internasional Kuala Lumpur.

Kedua wanita tersebut terancam hukuman mati jika terbukti bersalah dalam kasus pembunuhan ini. Siti dan Doan mengaku bahwa mereka ditipu oleh agen Korea Utara yang berpura-pura berasal dari reality show sebuah acara televisi.

Sementara itu, jaksa mengatakan bahwa Siti dan Doan bersekongkol dengan empat pria Korut yang sekarang tidak diketahui keberadaannya untuk membunuh Jong-nam.


(WIL)